WhatsApp Business Resmi Meluncur di Indonesia

Perilisan WhatsApp Business – WhatsApp akhirnya resmi merilis salah satu layanan terbarunya di Indonesia. adalah WhatsApp Business yang pertama kali diperkenalkan pada September 2017 lalu dalam format beta. Seperti nama yang disandangnya, layanan ini memang dikhususkan untuk kegiatan bisnis. Di mana, kabarnya layanan tersebut bisa digunakan baik oleh UMKM maupun perusahaan besar sekalipun.

Perilisan WhatsApp Business

Dengan menggunakan layanan ini, pebisnis dan konsumennya disebut-sebut akan lebih mudah untuk berkomunikasi. Sebelumnya, konsep seperti ini sebenarnya sudah diterapkan oleh salah satu pesaingnya yakni Line. Di mana, serupa dengan WhatsApp Business, pada aplikasi Line tersebut juga memiliki fungsi dan kegunaan yang sama.

Di sisi lain, saat ini sendiri WhatsApp Business baru bisa dinikmati dibeberapa negara yakni Indonesia, Italia, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat. Kedepannya, layanan ini juga akan dirilis di wilayah lain secara bertahap. Beberapa negara yang dipilih untuk dapat menikmati fitur ini pertama kali tersebut tentu tidak lepas dari banyaknya pengguna yang ada di negara tersebut. Salah satunya Indonesia yang hampir setiap orang menggunakan aplikasi perpesanan instan ini.

Berbeda dengan WhatsApp biasa yang pada ikonnya bergambar telepon, pada WhatsApp Business ini ikon pada tampilannya bergambar tulisan huruf B. Untuk fiturnya sendiri ada beberapa fitur yang cukup unik. Salah satunya adalah fitur yang memungkinkan pebisnis untuk menggunakan nomor telepon rumah atau kantor meskipun juga bisa menggunakan nomor ponsel. Tentu saja, jika nomor yang akan digunakan sudah terdaftar di WhatsApp biasa maka tidak akan bisa digunakan untuk WhatsApp Business ini.

 

Tak hanya itu saja, pada layanan WhatsApp Business ini juga terdapat fitur yang menginformasikan jam operasional, situs, kategori usaha, lokasi dan deskripsi perusahaan. Ini tentunya akan sangat membantu bagi para pelaku usaha online yang membutuhkan kepercayaan dari para pelanggannya. Tak hanya itu saja, pebisnis juga bisa melihat statistik interaksinya dengan konsumen.

Interaksi yang dimaksud dalam hal ini adalah pebisnis dapat menyetel balasan secara otomatis layaknya mesin pembalas chat. Tentunya ini akan sangat membantu bagi mereka yang terkadang lelah untuk melayani pelanggannya.

Teknologi Terkait

Daftar Perbandingan

Bandingkan
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top