Tambal Celah Spectre, Apple Rilis Pembaruan iOS dan macOS

Pembaruan iOS dan MacOS Tambal Celah Spectre – Salah satu kabar dari dunia teknologi yang menghebohkan di awal tahun 2018 ini adalah ditemukannya celah fatal atau yang biasa disebut dengan nama “Meltdown” atau “Spectre” yang terjadi pada prosesor-prosesor Intel.

Pembaruan IOS Dan MacOS Tambal Celah Spectre

Dengan adanya celah tersebut, maka data yang tersimpan dalam kernel atau inti sistem operasi tersebut dapat bocor karena inti sistem operasi tersebut menghubungkan software dengan prosesor.

Seakan tak ingin kebocoran tersebut terus berlanjut, Apple yang banyak menggunakan prosesor-prosesor dari Intel, akhirnya meluncurkan pembaruan iOS dan macOS untuk menutup kebocoran kedua celah tersebut.

Untuk menangkal celah Spectre tersebut, Apple meluncurkan iOS 11.2.2 untuk smartphone atau iPad dan macOS High Sierra 10.13.2 untuk perangkat laptop atau notebook besutannya. Pembaruan tersebut dapat dinikmati secara gratis oleh pengguna.

Cara mengunduh iOS 11.2.2 itu yaitu dengan masuk ke Settings lalu pilih General, dan selanjutnya klik Software Update. Pembaruan tersebut dapat dilakukan bagi pengguna iPhone 5s ke atas, iPad air ke atas, dan juga iPod touch generasi ke-6.

Sedangkan untuk macOS High Sierra 10.13.2  yang terbaru sebagai pelengkap untuk menyasar Spectre yang dapat diunduh di Mac App Store. Sementara untuk pembaruan yang lama digunakan untuk menutup celah Meltdown.

Selain itu, bagi pengguna yang lini Mac-nya berjalan pada sistem operasi OS X El Capitan 10.11.6 dan macOS Sierra 10.12.6, maka cara untuk mendapatkan update pembaruan yaitu cukup masuk ke Safari ke versi 11.0.2.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu Apple telah mengeluarkan pernyataan resminya bahwa seluruh perangkat besutannya, yakni Mac dan iOS memiliki resiko untuk terkena Meltdown dan Spectre.

Meski demikian, kebocoran data pelanggan yang ditimbulkan dari belum diketahui secara pasti apa saja dampak nyatanya kepada pelanggan.

Ketika pernyataan tersebut dikeluarkan oleh Apple, Apple pun juga langsung mengumumkan pembaruan sistem operasi untuk menutup Meltdown tersebut. Beberapa hari kemudian, Apple juga merilis penambal Spectre. Diketahui, celah tersebut tergolong mudah untuk diperbaiki. Semoga saja pembaruan tersebut terbukti ampuh mengatasi hal tersebut.

Top