Teknologi Layar Fleksibel Milik Samsung Akhirnya Dipatenkan

Samsung Patenkan Teknologi Layar Fleksibel – Salah satu vendor ternamaan dunia, Samsung, beberapa tahun belakangan telah mengembangkan teknologi layar fleksibel untuk gadget miliknya. Teknologi layar fleksibel itu pun kabarnya telah dipatenkan oleh Samsung.

Layar Fleksibel

 

Teknologi layar fleksibel itu pun memungkinkan pengguna smartphone untuk menekuk-nekuk display smartphone, dan bahkan bisa digulung. Dipatenkannya layar yang tak biasa besutan Samusng itu pun diketahui telah dipatenkan setelah terdapat dokumen paten yang beredar di internet.

Melansir laman KompasTekno, dalam dokumen tersebut memperlihatkan perangkat tablet yang mirip bentuk gulungan naskah antik dan menggunakan jenis layar OLED fleksibel. Layar itu pun disematkan dalam sebuah bodi perangkat yang berbentuk silinder.

Apabila perangkat sedang tidak digunakan, maka pengguna dapat menggulung layar tersebut di sekeliling badan perangkat tersebut. Dengan dapat digulungnya perangkat tersebut, tentunya sangat menguntungkan pengguna karena pengguna tak perlu lagi menyiapkan tempat yang luas sebagaimana ketika menggunakan tablet seperti biasanya.

Yang lebih menarik lagi, pada bagian samping bodi perangkat tersebut juga disematkan pengaman berupa pemindai sidik jari. Pastinya, dengan adanya pemindai sidik jari tersebut, maka pengguna ketika akan membuka gulungan layar tersebut harus menekan tombol tersebut.

Dalam dokumen paten tersebut, teknologi layar gulung milik Samsung itu disebut sebagai “rollable OLED display”. Sementara itu, untuk sistem operasinya dapat menggunakan yang sistem operasi yang tersedia, yaitu Windows 10 atau Android.

Tampaknya tak hanya Samsung saja yang mengembangkan teknologi layar gulung tersebut, diketahui para kompetitornya seperti LG dan juga Philips juga mengembangkan teknologi layar fleksibel tersebut.

Meski Samsung telah mematenkan teknologi layar fleksibel tersebut, namun hingga saat ini belum ada satu pun vendor yang mengelurkan perangkat dengan layar ditekuk tersebut di pasaran, termasuk Samsung.

Dalam hal ini, tablet dengan teknologi layar yang dapat ditekuk maupun digulung tersebut masih berwujud rekaan dan belum berwujud produk jadi, sehingga teknologi layar fleksibel itu masih berupa paten seperti halnya pada komponen perangkat lain besutan vendor lainnya yang juga masih dikembangkan.

Teknologi Terkait

Daftar Perbandingan

Bandingkan
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top