Samsung & LG Dapat Saingan Produsen OLED untuk iPhone

Panel OLED iPhone – Selama ini layar panel OLED yang digunakan oleh iPhone merupakan hasil dari buatan raksasa teknologi asal Korea Selatan yakni Samsung. Namun, pada tahun 2018 Samsung kabarnya harus rela berbagi kuota dengan LG rekan sesama Koranya. Di sisi lain, baru-baru ini kabarnya kedua raksasa Korsel ini baru saja mendapatkan saingan dalam hal pengembangan panel OLED. Seperti informasi yang Begawei lansir dari Liputan6Tekno, Japan Display (JDI) dan Sharp dikabarkan sedang mempersiapkan diri untuk mencoba bersaing dengan kedua raksasa Korsel tersebut.Panel OLED IPhone

JDI dan Sharp sendiri memang disebut-sebut berambisi untuk dapat menjadi supllier dari OLED untuk iPhone pada tahun ini. Kabarnya, Sharp akan memulai memproduksi panel OLED lebih dahulu daripada JDI yaitu pada awal semester II 2018. Di mana, panel OLED buatan Sharp tersebut pun juga akan digunakan untuk perangkatnya sendiri.

Jika nantinya benar kedua pabrikan Jepang tersebut ingin bersaing dengan dua raksasa Korea Selatan maka hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Apple. Pasalnya, dengan adanya persaingan diantara mereka, maka ada kemungkinan jika harga yang ditawarkan untuk OLED tersebut akan diturunkan.

Di mana, seperti diketahui layar OLED pada iPhone X merupakan komponen yang paling mahal yang tersemat pada perangkat tersebut. Bukan tidak mungkin pula jika nantinya panel OLED tersebut mengalami penurunan harga juga akan berpengaruh pada harga jual perangkat iPhone.

Di sisi lain, kabar mengenai LG yang akan menjadi suplier OLED Apple pada tahun ini pun sebenarnya belum dibenakan oleh pihak LG sendiri. Namun demikian, LG sempat menyinggung mengenai kesepakatan dengan Apple mengenai suplai panel OLED tersebut.

Dengan tercapainya kesepakatan dengan LG tersebut maka menjadi sebuah titik awal bagi Apple untuk melepas ketergantungan pada Samsung yang sebenarnya tidak banyak diketahui oleh masyarakat umum. Berdasarkan informasi yang beredar, LG sendiri dikabarkan hanya akan memproduksi sekitar 15-16 juta panel OLED pada tahun 2018. Dari jumlah tersebut kabarnya LG akan berkonsentrasi pada panel seluas 6,5 inci.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top