Pesan di Grup WhatsApp Bisa Dibaca Hacker?

Celah di WhatsApp – Grup WhatsApp saat ini menjadi salah satu hal yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna smartphone. Banyak hal yang bisa didapatkan melalui mengikuti sebuah grup percakapan pada WhatsApp. Mulai dari informasi bermanfaat, pertemanan hingga informasi hoax kerap kali didapatkan dari grup percakapan di aplikasi WhatsApp ini.

Celah Di WhatsApp

Nah, rupanya ada sebuah kabar yang cukup buruk bagi Anda yang kerap ataupun rajin menggunakan grup WhatsApp. Pasalnya, berdasarkan informasi yang beredar, pesan di grup WhatsApp tersebut bisa disadap oleh hacker. Seperti yang Begawei kutip dari Liputan6Tekno di mana Paul Rosler, seorang peneliti keamanan dari Ruhr University menemukan cara meretas percakapan grup WhatsApp kendati aplikasi ini telah menerapkan enkripsi end-to-end.

Dalam wawancaranya bersama Wired dirinya mengatakan jika hacker yang mampu mengontrol server WhatsApp bisa dengan mudahnya memasukkan orang baru ke dalam grup, tanpa izin dari admin grup tersebut. “Kerahasiaan dalam sebuah grup bakal hilang saat ada anggota tak diundang masuk dan membaca seluruh pesan di dalam grup,” ungkapnya.

Namun demikian, hal tersebut segera dibantah oleh WhatsApp, yang mengungkapkan jika tidak ada satu pun orang yang bisa dengan diam-diam menambahkan anggota baru ke grup tanpa diketahui anggota lain. Bukan tanpa alasan, mengingat setiap ada anggota yang memasukkan anggota baru, semua anggota grup akan mendapatkan notifikasi bahwa seseorang baru saja bergabung ke grup mereka.

Tak hanya itu saja, juru bicara WhatsApp juga menyampaikan jika layanannya ini sudah dirancang sedemikian rupa akar aman dan tidak bisa disusupi oleh orang tidak bertanggung jawab. “Kami sangat memperhatikan isu ini. Semua anggota grup akan mendapatkan notifikasi saat ada orang baru ditambahkan ke grup WhatsApp. Kami mengembangkan grup WhatsApp tujuannya agar pesan yang ada di grup tak bisa dikirim kepada orang yang tak bergabung dalam grup tersebut,” tutur juru bicara yang tak disebut namanya itu.

Dirinya juga menambahkan jika privasi pengguna merupakan hal yang paling utama untuk teerus memberikan pelayanan. Sehingga, WhatsApp pun hanya mengumpulkan sedikit informasi dari pengguna dan semua pesan yang dikirim di WhatsApp dilindungi enkripsi end-to-end.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top