Microsoft Resmi Stop Dukungan Windows 8.1

Sistem Operasi Windows 8.1 – Microsoft kembali menghentikan dukungannya kepada salah satu seri sistem operasinya. Kali ini giliran Windows 8.1 yang dihentikan dukungannya. Dengan demikian, para pengguna sistem operasi tersebut pun tidak akan dapat merasakan fitur baru untuk ke depannya. Sistem operasi ini sebenarnya memiliki usia yang masih terbilang muda yakni 4 tahun.

Sistem Operasi Windows 8.1

Berdasarkan informasi yang Begawei lansir dari Digital Trends melalui Liputan6Tekno, penghentian dukungan tersebut mulai belaku terhitung sejak 9 Januari 2018. Namun demikian, meskipun Microsoft tidak akan memberikan dukungan terhadap fitur baru untuk sistem operasi ini, namun para pengguna Windows 8.1 ini masih akan tetap mendapatkan pembaruan keamanan hingga 2023 mendatang.

Penghentian dukungan terhadap sistem operasinya memang bukan kali ini saja dilakukan oleh Microsoft. Hal ini disebutkan dilakukan untuk mendorong pengguna agar mengadopsi ataupun memperbarui sistem operasinya pada sistem operasi yang lebih baru yang dalam hal ini tentunya Windows 10. Hal ini pun sempat dilakukan ketika Windows 8.0 diluncurkan, Microsoft menghentikan dukungan untuk Windows 7.

Windows 8.1 sendiri disebut-sebut menjadi tonggak perubahan dari sistem operasi milik Microsoft. Pasalnya, pada sistem operasi tersebut Microsoft melakukan perubahan besar-besar dari sistem operasi sebelumnya. Salah satu perubahan tersebut adalah di mana Microsoft menyertakan akses kamera tanpa membuka kunci layar. Selain itu, ada pula Xbox Radio App ditambah fitur Multi-Window Mode untuk melakukan tugas multitasking.

Di lain sisi, kabarnya Microsoft akan menjadikan Windows 10 ini sebagai sistem operasi terakhir dari Windows. Di mana, untuk ke depannya Microsoft tidak akan merilis Windows 11 dan seterusnya melainkan hanya melakukan pembaruan berkala pada Windows 10 ini. yang terbaru adalah Windows 10 Fall Creators Update yang kabarnya sudah dinikmati lebih dari 500 juta pengguna perangkat Windows 10.

Dalam pembaruan tersebut, Microsoft memberikan berbagai pembaruan yang disebut-sebut mendukung penggunanya untuk lebih meningkatkan kreativitasnya. “Kami sangat senang karena para pelanggan dapat merasakan beberapa peningkatan fitur melalui Windows 10 Fall Creators Update yang dapat meningkatkan kreativitas,” tutur Office Business Head Microsoft Indonesia, Lucky Gani yang Begawei lansir dari Liputan6Tekno.

Teknologi Terkait

Daftar Perbandingan

Bandingkan
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top