Layanan Musik “Groove” Resmi Berhenti

Groove Resmi Berhenti – Layanan music streaming “Groove”, resmi diberhentikan oleh Microsoft pada awal tahun 2018 ini. Setelah layanan musik yang berasal dari Swedia dan merupakan mitra bisnis dari Microsoft itu ditutup, maka penggunanya dapat beralih ke Spotify untuk memindahkan kontennya.

Groove Resmi Berhenti

Dengan ditutupnya layanan musik Groove tersebtut, maka kini pengguna sudah tidak dapat lagi menikmati lagu online dari aplikasi tersebut di berbagai platform yang ada. Pengguna pun kini juga tak dapat membeli musik dari Microsoft Store.

Akan tetapi, meski layanan  streaming musik tersebut resmi ditutup, tetapi pengguna dapat  masih dapat mendengarkan musik yang ada di file aplikasi itu karena adanya playback lokal. Untuk dapat memutar file lokal tersebut, pengguna pun dapat masuk pada OneDrive untuk menyambungkan dengan perangkat Windows 10 dan juga Xbox One.

Seperti yang kita ketahui, layanan musik Groove tersebut sengaja diluncurkan oleh Microsoft untuk menjadi bagian dari rebranding Microsoft Xbox Music pada tahun 2015 silam. Berbagai fitur menarik disematkan pada layanan ini untuk menarik hati para pecinta musik, diantaranya yaitu fitur Video Playback, Radio Explore, dan Recommended Song.

Layanan music streaming ini pun memiliki mekanisme yang sama dengan kebanyakan aplikasi musik lainnya. Namun, sayangnya aplikasi besutan Microsoft ini kurang dapat menarik hati para netizen untuk menggunakannya, meski berbagai fitur menarik telah disematkan untuk memanjakan penggunanya.

Penutupan layanan musik Groove ini pun tidak mendadak begitu saja diberhentikan oleh Microsoft. Pasalnya, jauh beberapa bulan sebelum layanan musik ini ditutup, Microsoft telah mengumbar rencana penutupan aplikasi tersebut tepatnya pada bulan Oktober tahun 2017 lalu.

Penutupan atau pemberhentian itu pun juga dilakukan secara bertahap oleh Microsoft. Pemberhentian dimulai pada tanggal 31 Desember 2017 lalu, tepat di penghujung tahun 2017 lalu. Selanjutnya, pada tanggal 2 Januari 2018, lemen-elemen online dari Groove sudah tak dapat lagi digunakan oleh pengguna.

Oleh karenanya, ketika pengguna membuka Microsoft Store, maka pengguna pun hanya akan mendapati menu baru selain tab musik. Belum diketahui pula apakah Microsoft kelak akan meluncurkan kembali aplikasi musik yang serupa atau tidak.

Teknologi Terkait

Daftar Perbandingan

Bandingkan
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top