Jaringan 5G Mulai Digelar Tahun Ini

Layanan 5G Mulai Digelar Tahun 2018 – Jaringan dengan konektovitas yang cepat memang sangat menentukan proses katika mengakses internet. Setelah hadirnya 4G LTE untuk beberapa tahun terakhir ini, akhirnya akan muncul jaringan terbaru dengan kecepatan tinggi yakni 5G.

Layanan 5G Mulai Digelar Tahun 2018

Kabarnya jaringan 5G ini akan mulai merambah pasaran pada tahun ini. Bahkan untuk operator telekomunikasi asal Amerika yakni Verizon dan AT&T sudah mengumumkan bahwa pihaknya mendukung akan adanya pembaruan jaringan tercepat untuk gadget.

Operator telekomunikasi di Amerika baik Verizon ataupun AT&T sudah memberikan informasi bahwa jaringan 5G akan mulai diterapkan di beberapa wilayah di Amerika Serikat pada 2018 ini. Namun hingga saat ini baik Verizon ataupun AT&T belum memberikan informasi daerah mana saja yang akan diterapkan jaringan 5G.

Sebelumnya Samsung digaet oleh Verizon untuk mengenalkan jaringan 4G pertama di Amerika serikat. Begitu halnya dengan jaringan 5G, Verizon tampaknya akan kembali menggandengan Samsung. Dengan demikian, Samsung akan bekerja sama dengan 5 G untuk memberikan sejumlah router 5G, unit radio akses 5G yang dilengkapi dengan pemacar gelombang. Tidak hanya itu saja, Samsung juga menawarkan elemen RAN tervisualisasi dan layarnan frekuensi 5G. Sedangkan untuk AT&T kabarnya akan memberikan layanan 5G sesuai dengan spesifikasi 3rd Generation Partnership Project.

Lalu bagaimana dengan Indonesia, akankah menerapkan jaringan 5G? Melihat teknologi yang semakin canggih, tentunya banyak pakar IT Indonesia sudah menyiapkan sebaik mungkin untuk kedatangan jaringan 5G ini. Untuk kehadiran jaringan tercepat ini, Indoneia mulai mempersiapkan baik dari teknologi, industri, regulasi dan ekosistem masyarakatnya.

Tidak hanya mempertimbangkan beberapa hal itu saja, Indonesia juga perlu mempersiapkan aturan-aturan seperti TKDN ketika jaringan 5G tersebut mulai masuk ke Indonesia.

Dengan adanya jaringan 5G, tentunya akan memiliki keunggulan dari jaringan sebelumnya, Keunggulan dari jaringan 5G daripada 4G adalah adanya transaksi data yang semakin cepat. Bahkan untuk perangkat yang sudah menerapkan jaringan 5G diklaim akan menghemat daya. Dengan demikian, masyarakat bisa transaksi lebih data dan merasakan kencangnya ketika mengakses internet.

 

Top