Hindari Phishing, Apple Tingkatkan Keamanan Sistem Operasinya

Pembaruan Sistem Keamanan Apple – Canggihnya perkembangan teknologi rupanya juga dibarengi dengan maraknya kejahatan yang dilakukan melalui digital atau biasa disebut dengan cyber crime. Cyber crime sendiri banyak sekali jenisnya mulai dari pencurian data pribadi hingga penipuan yang mengatasnamakan pihak tertentu. Tak hanya itu saja, phishing juga menjadi salah satu hal yang cukup meresahkan dari beberapa jenis cyber crime.

Pembaruan Sistem Keamanan Apple

Phishing sendiri merupakan jenis kejahatan siber yang memiliki maksud untuk mencuri data dari si korban dengan menggunakan link tertentu. Biasanya, data yang dicuri dari modus ini merupakan nomor kartu kredit atau bahkan transaksi keuangan lainnya. Berbagai upaya pun dilakukan berbagai pihak untuk menghindari phishing ini tak terkecuali oleh Apple sebagai salah satu raksasa teknologi dunia.

Apple memang diketahui memiliki perhatian yang sangat tinggi terhadap keamanan dan privasi para pengguna perangkatnya. Bahkan, beberapa waktu yang lalu Apple sempat menolak ketika diminta FBI untuk membuka kunci dari perangkat iPhone yang menjadi barang bukti tindak kejahatan.

Kali ini, dalam sistem operasi terbarunya Apple dikabarkan akan menghadirkan pembaruan keamanan yang dapat melindungi perangkat dari phishing dengan lebih tinggi. Seperti yang Begawei lansir dari Softpedia melalui Liputan6Tekno, pembaruan software iOS 11.3 yang akan datang Apple akan meningkatkan privasi pengguna dengan mengimplementasikan metode baru.

Metode baru tersebut nantinya akan memberikan peringatan pada pengguna jika data personal dari pengguna tersebut dibagikan oleh aplikasi-aplikasi yang ada di iPhone. Sebelumnya, pada iOS 11 memungkinkan pengguna untuk memilih apa yang ingin mereka bagikan dan kepada siapa mereka akan berbagi data tersebut.

Dengan pembaruan sistem keamanan tersebut, nantinya Apple akan menambahkan sebuah ikon privasi baru yang akan ditampilkan pada saat aplikasi atau fitur yang ada pada perangkat Apple meminta penggunaan informasi pribadi dari si pengguna. “Kamu tidak akan melihat ikon ini pada setiap fitur, sebab Apple hanya mengumpulkan informasi ketika diperlukan pada sebuah fitur, baik untuk mengamankan layanan kami ataupun personalisasi pengalaman pengguna,” demikian ditulis pada Privasi yang muncul saat setelah pengguna meng-install update iOS 11.3 pada iPhone atau iPad mereka.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top