Benarkah Asisten Digital Cortana Tak Bisa Kenali Musik Lagi ?

Asisten Digital Cortana Tak Bisa Kenali Musik – Asisten digital milik Microsoft, yakni Cortana, selama ini dikenal memiliki berbagai fitur menarik, salah satunya yaitu fitur pengenalan musik. Dengan disematkannya fitur tersebut pada Cortana, maka pengguna pun dapat memintanya untuk mendengarkan lagu dan memberikan informasi terkait lagu tersebut.

Asisten Digital Cortana Tak Bisa Kenali Musik

Informasi yang dapat diberikan oleh Cortana setelah pengguna memintanya untuk mendengarkan musik, antara lain yaitu pengguna dapat mengetahui judul lagu, penyanyi, dan sebagainya.

Akan tetapi, baru-baru tersiar kabar bahwa Cortana nantinya tak akan diminta untuk mengenali musik lagi dikarenakan terdampak pada layanan lain besutan Microsoft, yaitu Groove.

Di penghujung tahun 2017 lalu, tepatnya pada tanggal 31 Desember 2017, Microsoft telah mengumumkan bahwa layanan musik miliknya, Groove, telah ditutup dan meminta pelanggan setia Groove untuk beralih ke Spotify.

Penutupan layanan musik milik Microsoft tersebut pun kabarnya berdampak pada Cortana. Dalam hal tersebut, cara Cortana bekerja yaitu ketika pengguna menekan ikon musik di antar muka Cortana ketika lagu tersebut sedang dimainkan, maka Cortana akan mencoba untuk mengidentifikasi lagu dari perpustakaan Groove dan nantinya dapat menunjukkan hasil atau informasi lagu yang relevan.

Dengan ditutupnya layanan musik Groove tersebut, maka ketika Cortna ingin mengenali lagu maka sudah tak ada lagi perpustakaan yang tersedia untuk Cortana, sehingga Cortana pun tak bisa mencocokkan lagu yang ingin dikenali.

Melansir laman BeritaTeknologi, kabar Cortana tak bisa lagi mengenali musik ini pun dibenarkan oleh salah satu insinyur tim Cortana, John Deakins. Menurutnya, kemampuan pengenalan musik di Cortana tersebut akan segera diberhentikan dengan adanya penutupan layanan musik Groove tersebut.

Tak adanya fitur Cortana tersebut, maka pengguna pun nantinya akan mendapatkan notifikasi ketika pengguna mencoba menekan ikon pengenalan musik untuk meminta Cortana mengenali lagu. Dalam notifikasi tersebut, pengguna pun akan diberi tahu bahwa fitur tersebut sudak tak tersedia lagi.

Meski demikian, bagi pengguna Windows 10 tak memiliki opsi lain karena aplikasi pengenal lagu Shazam juga telah dihapus pada awal 2017 lalu karena adanya akuisisi dari Apple.

 

 

 

Top