Android 8.1 Oreo Bisa Deteksi Kecepatan Wi-Fi Sebelum Tersambung

Pembaruan Android Oreo – Google kembali memperbarui salah satu sistem operasi miliknya yakni Android Oreo 8.1. Di mana pada pembaruan kali ini, membawa beberapa fitur baru yang tidak ada pada versi Android sebelumnya. Fitur tersebut adalah fitur yang dapat menampilkan informasi kecepatan jaringan Wi-Fi publik, sebelum pengguna terhubung ke jaringan. Ini tentu akan cukup bermanfaat bagi pengguna smartphone yang kerap menyambungkan gadgetnya pada jaringan wi-fi umum.

Pembaruan Android Oreo

Pada parameter kecepatan wi-fi di sistem operasi Android 8.1 ini ada empat kategori yakni Very Fast, Fast, OK, dan paling lamban Slow. Jaringan dengan kategori very fast sendiri memiliki kecepatan hingga di atas 20 Mbps yang akan sangat lancar digunakan untuk melakukan streaming video berkualitas tinggi.

Sementara itu untuk kategori Fast, memiliki kecepatan 5-20 Mbps yang hanya dianggap mampu untuk melakukan streaming video berkualitas sedang. Di sisi lain, untuk kategori OK memiliki kecepatan 1-5 Mbps yang hanya akan lancar digunakan untuk membuka situs, menikmati musik streaming dan menggunakan media sosial.

Di sisi lain, untuk kategori paling rendah atau Slow hanya memiliki kecepatan di bawah 1 Mbps. Di mana, dengan kecepatan tersebut, pengguna tentunya hanya disarankan untuk melakukan chatting ataupun voice call melalui layanan pesan instan saja.

Meskipun demikian, fitur ini pun dapat dinon-aktifkan jika pengguna tidak ingin menggunakannya. Namun, fitur tersebut pun tidak bisa muncul pada jaringan Wi-Fi pribadi dengan alasan keamanan dan privasi jaringan. Tentu hal ini memang cukup penting untuk diterapkan, pasalnya kerap kali ketika ada wi-fi berkecepatan tinggi memang pengguna smartphone akan penasaran.

Pembaruan ini sendiri merupakan pembaruan pertama yang dilakukan Google pada sistem operasi Android Oreo. Di mana, sistem operasi ini memang baru diluncurkan sekitar setahun yang lalu dengan membawa nama Oreo sesuai dengan prediksi berbagai pihak. Peluncurannya cukup unik, karena dilakukan pada saat gerhana matahari terjadi di Amerika Serikat. Tak heran jika pada saat peluncurannya tersebut cukup mengundang perhatian publik khususnya pecinta gadget.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Top