5G Siap Meluncur di Dunia, Indonesia Kapan?

Kedatangan 5G – Berbagai perusahaan teknologi di dunia memang diketahui tengah mengembangkan teknologi jaringan terbaru yakni 5G. Bahkan kabarnya, pengembangan 5G ini saat ini sudah mencapai tahap finalisasi dan sudah siap untuk meluncur. Kabarnya teknologi jaringan tercepat tersebut akan siap digunakan pada tauhn 2020 mendatang. Beberapa negara pun akan menjadi yang pertama menikmati sinyal tercepat tersebut.

Kedatangan 5G

Meskipun di dunia teknologi 5G ini sudah hampir siap diluncurkan, di Indonesia sendiri beberapa pihak terkait masih belum bisa memastikan kapan akan membawanya ke Indonesia. salah satunya adalah Qualcomm yang juga turut dalam pengembangan teknologi 5G tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh Country Manager Qualcomm Indonesia Shannedy Ong yang belum mengetahui kapan 5G akan meluncur di Indonesia.

Bahkan, Qualcomm sendiri pun belum memiliki rencana untuk membawa 5G ini ke Indonesia. “Kalau diminta pendapat dari Qualcomm, sepertinya belum ada rencana solid (kapan) 5G bisa digunakan di sini. Yang kita dengar 5G itu sudah hampir difinalisasi di sini, mungkin trial-nya tahun ini,” kata Shannedy di gelaran Qualcomm Media New Year Gathering yang diadakan di restoran Kila Kila, Jakarta.

Dirinya menambahkan, jika ingin Indonesia menjadi salah satu negara yang paling awal menikmati 5G ini Pemerintah harus menyiapkan segala sesuatu untuk menunjang 5G tersebut. “Jadi memang sudah tersedia, tetapi masih banyak kompleksitas dan persyaratan yang harus di-address sama pemerintah,” tandasnya.

Di sisi lain, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) kabarnya justru sudah mempersiapkan diri untuk melakukan uji coba sinyal 5G ini di tahun 2018 ini. Di mana, kabarnya Kominfo akan melakukan uji coba 5G tersebut pada saat gelaran pesta olah raga se Asia yang akan digelar di Jakarta dan Palembang.

Rudiantara Menteri Kominfo mengatakan jika teknologi 5G yang akan diuji coba pada ajang Asian Games tersebut berbeda dengan teknologi 5G yang akan digunakan pada ajang Olimpiade Jepang pada 2020 mendatang. “Teknologi ini merupakann uji coba 5G fix wireless dengan kecepatan super kencang dan bisa tembus 100 Mbps,” ujar pria yang karib disapa Chief RA tersebut.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Top