Internet di Indonesia Masih Menjadi Salah Satu yang Terpelan di Asia

Kecepatan Internet Indonesia – Koneksi Internet saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi manusia millenial di Indonesia bahkan dunia. Pesatnya arus informasi melalui berbagai platform membuat kebutuhan internet semakin dicari. Sayangnya, dengan kebutuhan yang begitu besar, rupanya kecepatan konektivitas internet di Indonesia masih kerap menjadi kendala. Bahkan menurut data dari Ookla, yang merupakan perusahaan pernyedia layanan uji kecepatan internet Speedtest, menyatakan Indonesia masih memiliki kecepatan yang terbilang lelet.

Kecepatan Internet Indonesia

Dari data yang dirilisnya, Indonesia menempati urutan 93 untuk kecepatan internet fixed broadband dunia dengan mencatat angka download 13,38 Mbps. Sementara untuk kecepatan internet mobile global, Indonesia menempati urutan ke 106 dengan kecepatan 9,73 Mbps. Bahkan untuk di kawasan Asia Pasifik, kecepatan internet negara kita masih kalah dengan kecepatan internet Filipina. Indonesia hanya sedikit lebih cepat dari koneksi yang dimiliki Myanmar dan Laos.

Sementara itu, negara tetangga Singapura menempati urutan pertama sebagai negara dengan internet tercepat diikuti oleh Islandia dan Hongkong. Sebagai salah satu negara dengan pengguna internet terbesar, Indonesia memang masih terkendala dengan berbagai infrastruktur pendukung kecepatan jaringan. Hal ini yang kerap dikeluhkan banyak warga net khususnya yang tinggal di daerah pedesaan.

Di sisi lain, Malaysia yang notabene juga merupakan negara tetangga Indonesia pun rupanya juga memiliki kecepatan Internet yang lebih cepat dari Indonesia. Bahkan koneksi internet yang dimiliki Vietnam lebih cepat dari yang dimiliki Indonesia, Thailand dan Malaysia. Sementara itu, pada urutan terakhir diketahui bahwa Iraq menjadi negara dengan internet terlelet.

Saat ini para operator seluler memang sedang mempersiapkan teknologi jaringan baru yakni 5G yang direncanakan akan siap untuk digunakan pada tahun 2019 mendatang. Saat ini sendiri untuk jaringan paling cepat memang masih dipegang oleh 4G LTE. Meskipun menyandang sebagai jaringan tercepat yang ada saat ini, 4G nampaknya belum bisa dinikmati diseluruh wilayah Indonesia. Saat ini persebaran 4G memang masih belum merata dan bahkan belum masuk di daerah-daerah tertentu di Tanah Air.

Teknologi Terkait

Daftar Perbandingan

Bandingkan
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top