Google Luncurkan Aplikasi Penghemat Kuota

Datally, Aplikasi Google Penghemat Kuota di Android – Tak hanya fokus sebagai search engine saja namun Google dikabarkan telah kembali meluncurkan aplikasi terbarunya untuk pengguna Android di Indonesia. Perlu diketahui bahwa aplikasi bernama Datally ini memang sengaja dihadirkan oleh pihak Google sebagai fitur canggih yang siap membantu pengguna memantau bahkan mengontrol pemakaian internet di perangkat Android.

Datally, Aplikasi Google Penghemat Kuota Di Android

Hadirnya aplikasi ini pastinya tak lepas dari riset yang dilakukan oleh pihak tim Google sebelumnya yang fokus terhadap para pengguna smartphone di Indonesia. Dan hasilnya, berdasarkan riset, mayoritas konsumen smartphone ternyata sangat memperhitungkan penggunaan kuota internetnya.

“Pengguna kerap merasa smartphone-nya menyedot internet, tapi tak mengetahui pemakaian kuota internetnya untuk apa. Untuk itu, Datally hadir agar pengguna tahu dan mengontrol pemakaian internetnya. Gak cuma itu aja, pengguna dapat menghemat rata-rata data hingga 30 persen dari pemakaian internet dengan Datally. Jadi, dari 30 persen itu pengguna dapat memakainya untuk kebutuhan lain,” ujar VP Next Billion Users Google Caesar Sengupta saat peluncuran Datally di Jakarta pada Kamis (30/11/2017).

Nah, aplikasi ini memiliki cara kerja yang cukup simple. Di mana, sistem kinerja dari Datally adalah mematikan kuota internet yang kerap dipakai sebuah aplikasi secara diam-diam (background). Setelah itu, pengguna dapat mengatur penggunaan kuota itu ke aplikasi lain yang lebih penting.

Tak sampai di situ saja, bahkan kelebihan menarik lainnya yang juga ditawarkan oleh aplikasi ini yaitu pada kebutuhan dalam pencarian Wi-Fi di sekitar pengguna. Pasalnya, dengan memanfaatkan fitur ini, pengguna smartphone dapat mengetahui jaringan Wi-Fi yang berada di dekatnya.

“Fitur ini nantinya berfungsi mirip Waze, sebab pengguna dapat memberikan penilaian mengenai kualitas jaringan Wi-Fi di suatu tempat dan membantu pengguna lain mendapatkan jaringan yang lebih baik,” tuturnya.

Terlepas dari itu, untuk tambahan informasi saja bahwa sebenarnya Datally ini merupakan salah satu aplikasi canggih bagian dari program Next Billion Users Google. Program ini merupakan upaya dari raksasa internet itu untuk menghadirkan layanan internet dengan kecepatan dan kestabilan akses yang lebih baik di negara-negara berkembang.

Teknologi Terkait

Daftar Perbandingan

Bandingkan
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top