Facebook Luncurkan Messenger Khusus Anak

Messenger Khusus Anak – Facebook kembali merilis sebuah layanan yang dikhususkan untuk anak-anak. Kali ini raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini meluncurkan pesan instan Messenger khusus untuk anak-anak. Dengan layanan ini, anak-anak dimungkinkan untuk mendaftar tanpa memiliki akun Facebook. Bukan tanpa alasan, seperti yang diketahui anak-anak di bawah usia 13 tahun memang belum dapat untuk mendaftar Facebook.

Messenger Khusus Anak

Dengan aplikasi messenger untuk anak ini, anak-anak dapat berbagi pesan teks, video, foto dan GIF. Tak hanya itu saja, pengguna juga dapat menggunakan filter-filter menggemaskan untuk mengobrol layaknya pada aplikasi lain. Secara umum, fungsi dari aplikasi messenger kids ini memang sama dengan aplikasi messenger pada umumnya.

Namun demikian, pada aplikasi khusus anak ini orang tua dapat melakukan kontrol secara penuh untuk dapat melindungi anaknya dari konten-konten negatif. Nantinya, setiap orang yang akan melakukan percakapan dengan akun si anak harus melalui persetujuan dari orang tua melalui Facebook. Facebook mengungkapkan aplikasi ini di luncurkan semata-mata untuk memenuhi kebutuhan komunikasi anak-anak. Pihaknya tidak ada niat untuk menggarap potensi pendapatan pada aplikasi ini. “Tak ada iklan di Messenger Kids dan informasi tentang anak Anda tak akan diberikan ke pengiklan. Aplikasi ini gratis dan tak ada in-app purchase,” perwakilan Facebok menjelaskan dalam sebuah postingan blog.

Tidak sembarangan dalam mengembangkan aplikasi messenger khusus anak, Facebook juga menggandeng Children’s Online Privacy and Protection Act (COPPA) guna berkonsultasi. Lembaga tersebut merupakan lembaga yang bertujuan untuk melindungi anak-anak di bawah umur dari eksploitasi di dunia maya.

Sayangnya, saat ini aplikasi ini baru tersedia untuk pengguna iOS di Amerika Serikat. Sementara itu, belum diketahui kapan aplikasi ini akan diluncurkan untuk pengguna Android ataupun untuk wilayah di luar Amerika Serikat. Pasalnya, seperti yang diketahui jika di mana pun saat ini pengguna smartphone anak-anak memang sudah menjamur. Sehingga selain potensi yang sangat besar akan pengguna aplikasi tersebut, dengan adanya aplikasi tersebut semakin banyak anak-anak yang terlindungi dari paparan konten-konten negatif.

Top