Cara Membersihkan RAM Komputer

Cara Membersihkan RAM KomputerTahukah kamu cara membersihkan RAM komputer? Random Access Memory atau biasa disingkat RAM, merupakan sebuah penyimpanan sementara dalam memori komputer. Sebagai tempat penyimpanan berbagai data dalam komputer, pastinya tak dapat dipungkiri bahwa RAM kamu sering lemot yang disebabkan oleh dua hal, yakni hardware yang tidak memadai atau software yang berjalan di background terlalu banyak. Salah satu cara agar RAM tidak lemot yakni kamu dapat meng-upgrade atau menambah RAM tersebut. cara lain yang dapat digunakan yakni membersihkan. Lalu bagaimana sih cara membersihkan RAM komputer itu?

Cara Membersihkan RAM Komputer

Cara membersihkan RAM komputer dapat menjadi solusi jika kamu enggan mengupgradenya karena biaya yang mahal. Sehingga meng-upgrade RAM dapat kamu jadikan solusi terakhir. Nah, di segmen ini Begawei akan memberikan tips bagi kamu yang ingin membersihkan RAM pada komputer kamu. Simak tips cara membersihkan RAM komputer Begawei berikut ini!

Cara Membersihkan RAM Komputer PC

Cara Membersihkan RAM Komputer

Cara Membersihkan RAM Komputer Menggunakan Readyboost

Pertama dari cara membersihkan RAM komputer, kamu hanya perlu menjalankan fitur ReadyBoost pada Microsoft. Fitur tersebut berfungsi untuk menambah memori virtual dari flashdisk sebagai pengganti RAM. Dengan adanya fitur ReadyBoost tersebut, maka komputer akan meningkatkan load sebesar 75 %. Tentunya fitur tersebut sangat membantu dalam cara membersihkan RAM komputer ini, apalagi jika RAM kamu kecil, yakni berkapasitas 1 GB atau 2 GB.

Untuk dapat menjalankan ReadyBoost pada cara membersihkan RAM komputer tersebut, USB atau flashdisk kamu harus memiliki kriteria diantaranya, yaitu 256 MB dari memori, waktu akses dari 1 milidetik atau kurang, kecepatan membaca sebesar 2.5 MB perangkat detik untuk membaca setiap 4 KB, dan kecepatan menulis sebesar 1.75 MB perangkat detik untuk menulis setiap 512 KB. Kriteria tersebut tampaknya sudah menjadi kriteria standar USB saat ini. Hal ini cukup penting dalam cara membersihkan RAM komputer.

Cara membersihkan RAM komputer dengan menggunakan fitur ReadyBoost, yaitu pertama-tama kamu harus mengklik kanan USB Drive dan kemudian pilih Properties. Setelah itu klik tab ReadyBoost, lalu pada menu radio button, pilih use this device. Jangan lupa, gunakan slider untuk mengatur besar memori virtual yang digunakan. Apabila USB Drive kamu berformat FAT32, maka kamu bisa memperoleh memori virtual sebesar 4 GB, akan tetapi bila pada cara membersihkan RAM komputer ini Kamu menggunakan NTFS maka kamu akan memperoleh memory virtual sebesar 32 GB.

Cara Membersihkan RAM Komputer Menggunakan Windows Task Manager Dan Resource Monitor

Kedua, cara membersihkan RAM komputer lainnya yaitu dengan menggunakan Windows Task Manager dan Resource Monitor. Cara ini merupakan cara paling ampuh untuk membersihkan RAM. Kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut, yaitu buka Windows Task Manager, lalu klik tab Processes. Dari tab Processes pada cara membersihkan RAM komputer tersebut, kamu dapat melihat aplikasi apa saja yang tentunya sedang bekerja dan dapat menghabiskan resource memory.

Apabila kamu merasa membuka tab Processes pada cara membersihkan RAM komputer tersebut belum cukup, maka kamu dapat membuka tab Performance, setelah itu klik Resource Monitor, dan selanjutnya klik tab Memory. Dari situ maka kamu akan mengetahui aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Selanjutnya, jika kamu menemukan aplikasi yang menggunakan memori terlalu banyak yang bukan berasal dari aplikasi sistem Windows, kamu dapat menggunakan End Task untuk mengakhiri cara membersihkan RAM komputer dengan aplikasi tersebut.

Cara Membersihkan RAM Komputer Dengan Disable Atau Uninstall Software

Cara membersihkan RAM komputer ketiga, kamu dapat pula melakukan Disable atau Uninstall Software yang tidak perlu. Nah, apabila kamu sering menemukan beberapa aplikasi atau software yang selalu aktif meski sudah dimatikan dengan cara me-restart komputer, seperti misalnya Dropbox atau OneDrive, maka kamu solusi yang paling tepat cara membersihkan RAM komputer adalah kamu harus meng-uninstall atau men-disable aplikasi tersebut dan dapat mengaktifkan kembali ketika kamu membutuhkannya. Perlu kamu ketahui bahwa banyak aplikasi yang berjalan di background yang biasanya bersembunyi di sistem boot, jadi untuk cara membersihkan RAM komputer ini kamu harus mematikan aplikasi tersebut ketika tidak membutuhkan dan kamu pun harus selalu mengeceknya di Startup.

Cara Membersihkan RAM Komputer PC Windows 7

Cara Membersihkan RAM Komputer Dengan RAM Cleaner

Cara membersihkan RAM komputer yang keempat, kamu dapat menggunakan software semacam RAM Cleaner untuk membersihkan RAM. Hal tersebut dapat kamu lakukan ketika kamu telah mengecek penggunaan memori dan tidak berhasil mematikan aplikasi. Apabila kamu tidak terlalu mengerti mengenai Windows Task Manager, maka cara termudah yang dapat kamu lakukan untuk cara membersihkan RAM komputer ini yaitu kamu dapat menggunakan RAM Cleaner untuk membersihkan RAM tersebut.

Cara membersihkan RAM komputer dengan RAM Cleaner tersebut akan mendetekasi aplikasi apa saja yang memakan banyak memori dan tentunya mematikan akses mereka. RAM Cleaner yang dapat kamu gunakan untuk membebaskan memori kamu, salah satunya yang bagus adalah CleanMem dan Minimem. Namun, ketika menggunakan RAM Cleaner untuk cara membersihkan RAM komputer tersebut, alangkah lebih baik jika kamu mengerti sedikit demi sedikit mengenai Task Manager. Selain itu, kamu juga harus berhati-hati untuk memilih software RAM Cleaner karena terkadang, beberapa aplikasi malware terkadang menyamar sebagai RAM Cleaner atau Optimation Tools. Untuk menghindari hal tersebut, alangkah lebih baik pada cara membersihkan RAM komputer yang satu ini jika kamu mendownload software tersebut dari situs resminya.

Cara Membersihkan RAM Komputer Dengan Mengabaikan Tampilan

Cara membersihkan RAM komputer yang kelima, untuk mencegah agar RAM tidak lemot, maka kamu dapat mengabaikan tampilan dan fokus pada peningkatan performa. Hal ini dapat kamu lakukan apabila kamu merasa bahwa kamu tidak menggunakan banyak aplikasi tetapi kerja komputer kamu lemot. Di beberapa kasus, kerja komputer tersebut menjadi lemot karena menggunakan skin pack atau mengganti tampilan Windows mereka, sehingga menyebabkan penggunaan RAM dialihkan untuk skin pack tersebut. Apabila kamu merasa tidak menggunakan skin pack tetapi komputer tetap saja lemot, maka kamu harus mengoptimasinya dengan cara membersihkan RAM komputer dengan melakukan pengaturan visual effect Windows. Terakhir, apabila cara dia tas tidak berhasil, maka solusi terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan meng-upgrade RAM tersebut sesuai dengan tipe motherboardnya dan juga memori maksimal channel yang disupport. Olah karenanya, sebelum kamu meng-upgrade RAM ataupun melakukan cara membersihkan RAM komputer tersebut, kamu harus memperhatikan juga hal-hal yang dibutuhkan oleh Windows.

Cara Membersihkan RAM Komputer Tanpa Aplikasi

Nah, demikian beberapa cara membersihkan RAM komputer yang dapat Kamu gunakan untuk memperingan kinerja RAM pada komputer. Beberapa cara di atas dapat digunakan untuk alternatif jika Kamu enggan untuk mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk mengupgradenya. Semoga beberapa informasi mengenai cara membersihkan RAM komputer ini dapat bermanfaat. Jangan lupa baca juga info lain mengenai Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Google Drive dan Cara Menelpon dengan Nomor Pribadi di Android.

Teknologi Terkait

Daftar Perbandingan

Bandingkan
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top