Akun WeChat jadi KTP Digital di China

WeChat di China – Perkembangan digital memang memaksa berbagai pihak untuk melakukan inovasi untuk dapat menyesuaikan diri dengan teknologi yang semakin canggih. Berbagai hal yang semula dilakukan secara konvensional saat ini sudah dapat dilakukan melalui online. Salah satu yang saat ini sedang marak adalah belanja online, yang bahkan memaksa berbagai peritel konvensional untuk tutup karena kalah saing dengan toko online.

WeChat Di China

WeChat Di China

Tak hanya itu saja, di China bahkan pemerintahnya menggandeng salah satu aplikasi berbagi pesan online untuk meluncurkan sistem identitas digital. Adalah WeChat yang diketahui merupakan sebuah aplikasi asli China dirangkul untuk menciptakan sistem baru yang diberi nama WeChat ID. fitur ini sendiri memiliki fungsi layaknya KTP digital untuk kegiatan administrasi di China yang diakui oleh Kementrian Keamanan Publik China.

WeChat sendiri diketahui sebagai aplikasi paling populer di China yang hampir semua warganya menggunakannya. Bahkan langkah pemerintah China yang melarang beberapa aplikasi luar seperti Facebook dan WhatsApp pun semakin membuat WeChat digdaya di Negerinya sendiri. Berbeda dengan di Indonesia yang hanya digunakan untuk chatting saja, di China WeChat ini sudah sejak lama memiliki berbagai kegunaan mulai dari dompet virtual hingga berbagai fitur lainnya.

Tak heran jika akhirnya pemerintah China memilik aplikasi asli buatan anak negerinya tersebut untuk dapat membantu pekerjaanya dalam mendata warga secara digital.fitur terbaru tersebut sendiri dikabarkan akan mulai diterapkan pada bulan Januari 2018 mendatang untuk wilayah Guangzhou sebagai uji coba.

Nantinya, jika sistem ini sudah berhasil sistem tersebut dapat digunakan oleh pengguna untuk berbagai keperluan seperti autentikasi identitas saat melakukan pemesanan tiket, hotel atau bahkan layanan perbankan. Tentu hal ini menjadi sebuah langkah yang perlu ditiru oleh negara lain termasuk di Indonesia. Pasalnya, selain menjadikannya lebih modern, dengan sistem ini juga membuat masyarakat menjadi lebih praktis.

“Tidak perlu menunjukan KTP ketika melakukan registrasi komersil dan industri, karena WeChat ID sudah cukup”, ujar perwakilan pusat pelayanan adminitrasi distrik Nansha di Guangzhou yang Begawei lansir dari China Daily melalui KompasTekno.

Top