Xiaomi, Huawei dan Oppo Tidak Mau Kalah dengan iPhone X

Tren Sensor Pemindai Wajah – Produk-produk dari Apple memang kerap kali menjadi tren setter setiap kali diluncurkan. Seperti penggunaan sensor fingerprint yang digunakan pada salah satu perangkat iPhone yang kemudian juga diikuti oleh berbagai perangkat lainnya. Kini, Apple yang baru saja merilis iPhone X dengan berbagai fitur canggihnya rupanya juga kembali menjadi tren setter. Adalah fitur pemindai wajah yang dibekalkan Apple pada iPhone X rupanya juga menarik berbagai pabrikan untuk turut membekali perangkatnya dengan fitur serupa.

Tren Sensor Pemindai Wajah

Meskipun sebenarnya, iPhone X bukanlah perangkat pertama yang menggunakan fitur tersebut. pasalnya, seperti yang diketahui Samsung Galaxy S8 yang lebih dahulu diluncurkan pun sudah menggunakan fitur pemindai wajah untuk sektor keamanannya. Namun, berbeda dengan fitur pemindai wajah pada iPhone yang dapat membaca wajah secara 3D, pada perangkat milik Samsung tersebut fitur ini hanya mampu membaca secara 2D sehingga banyak yang mengatakan jika fitur tersebut mudah dikelabui.

Penggunaan fitur pemindai wajah pada iPhone X pun semakin menambah kepopuleran fitur tersebut. kini dikabarkan tiga pabrikan smartphone asal China yakni Huawei, Oppo, dan Xiaomi dikabarkan juga tertarik untuk menyematkan fitur tersebut pada perangkatnya. Namun, kabarnya ketiga pabrikan tersebut baru akan memasarkan perangkat dengan fitur tersebut pada tahun 2018 mendatang.

Seperti yang Begawei lansir dari Digitimes melalui KompasTekno, Oppo dan Xiaomi dikabarkan sudah menggandeng tiga perusahaan untuk dapat menciptakan teknologi tersebut. Di mana ketiga perusahaan tersebut adalah Himax technologies dan Qualcomm yang akan menggarap pemindai wajah, serta Truly Opto-Electronics yang akan memproduksi sensornya.

Di sisi lain, Huawei sendiri pun tak mau ketinggalan. Raksasa smartphone asal China tersebut dikabarkan sudah menggandeng Sunny Optical Technology yang berbasis di China. Nantinya, dalam kerjasama tersebut Huawei tidak hanya akan mengembangkan kemampuan biometrik wajah, namun kabarnya pabrikan tersebut juga berusahan untuk mengembangkan sensor 3D yang tentunya hal ini akan membuatnya sama unggul dengan sensor yang dimiliki iPhone X.

Tentu saja, hal ini akan semakin memperkuat posisi ketiga perangkat asal China ini di pasaran. Di mana, saat ini ketiga perangkat tersebut memang sedang bersaing ketat untuk dapat mendapatkan pasarnya masing-masing dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan pada berbagai produk-produknya.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Top