Facebook Perbarui Fitur Stories dan Hentikan Layanan Direct

Perubahan Besar Stories Facebook – Facebook kembali memperbarui layanan pada platform sosial media miliknya. Kini giliran layanan stories yang mendapatkan perubahan besar-besaran. Di mana, pada pembaruan layanannya kali ini, raksasa sosmed asal Amerika Serikat ini menggabungkan antara fitur stories dan messenger. Di mana, pada versi sebelumnya kedua fitur tersbeut memang terpisah pada masing-masing aplikasi. Nantinya, balasan pada stories akan masuk pada messenger layaknya pada stories Instagram.

Perubahan Besar Stories Facebook

Tak hanya itu saja, Facebook pun membenamkan sebuah fitur baru yang bernama Stories for Event. Di mana, fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi dengan pengguna lain di acara yang sama. Tak hanya itu saja, Facebook juga memperbarui pengaturan privasi pada fitur stories ini untuk dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat stories tersebut.

Bersamaan dengan diluncurkannya fitur tersebut, Facebook juga menghapus fitur Direct. Di mana fitur tersebut merupakan sebuah fitur ephemeral. Dan yang tak kalah menarik pada pembaruan masivnya kali ini, Facebook juga akan menyematkan fitur stories ini pada aplikasi Facebook Lite. Di mana, aplikasi ini merupakan aplikasi versi sederhana dari Facebook.

Rupanya, perubahan besar0besaran yang dilakukan Facebook pada fitur storiesnya ini bukan tanpa alasan. Mengingat, banyak yang menduga langkah ini dilakukan untuk dapat meraih lebih banyak pengguna terutama untuk melawan Snapchat. Sebelumnya, Facebook tengah mempersiapkan fitur anyar yang memungkinkan konten yang diunggah di Instagram Stories dapat hadir di Facebook. Kemampuan ini memudahkan pengguna, terutama yang terbiasa melakukan Stories di dua aplikasi itu.

Namun demikian, fitur ini masih belum bisa dinikmati oleh semua orang. Di mana nantinya fitur tersebut akan perlahan-lahan dihadirkan untuk para pengguna Facebook. “Kini, kamu bisa memiliki opsi berbagi Instagram Stories ke Facebook Stories. Kami selalu bekerja untuk membuat pengguna berbagai beragam momen secara lebih mudah ke orang terdekat,” tutur juru bicara Facebook.

Kehadiran fitur ini sebenarnya sudah terkuak semenjak beberapa waktu yang lalu. Kala itu, seorang pengguna Facebook asal Portugal memamerkan sebuah tangkapan layar yang memperlihatkan opsi baru untuk mengunggah foto dan video di Instagram Stories ke Facebook.

Top