Facebook Bikin Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Pengguna yang Mau Bunuh Diri

Kecerdasan Buatan Facebook – Facebook menjadi salah satu sosial media yang terus melakukan inovasi untuk melindungi penggunanya dari berbagai efek negatif. Baru-baru ini, dikabarkan Facebook kembali menambahkan sebuah teknologi canggih pada platformnya tersebut. di mana teknologi ini merupakan sebuah kecerdasan buatan yang mampu mendeteksi pengguna yang berpotensi bunuh diri.

Kecerdasan Buatan Facebook

Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat seperti yang diketahui Mark sang CEO dan pencipta Facebook sendiri memang ingin membuat platformnya ini menjadi platform yang aman. “Jika kita akan membangun komunitas yang aman, kita perlu merespon dengan cepat,” ujarnya, ketika itu. Pasalnya, beberapa waktu yang lalu memang sempat heboh beberapa kasus bunuh diri di platform Facebook tersebut.

Nantinya, teknologi tersebut akan mencari postingan ataupun komentar yang berpotensi pada keputusan bunuh diri. Jika menemukannya, nantinya AI tersebut akan mengirimkannya ke tim Facebook untuk direview. Tak tanggung-tanggung, Mark disebut-sebut mempersiapkan 3000 orang pada tim Facebook tersebut untuk melakukan rivew dari temuan yang ditemukan oleh teknologi kecerdasan buatan tersebut.

Ketika postingan ataupun komentar yang ditemukan oleh AI tersebut dirasa merupakan suatu hal yang akan mengarahkan pengguna pada keputusan bunuh diri, tim Facebook tersebut akan menghubungi keluarga ataupun teman terdekat dari pengguna tersebut. Tujuannya tentu saja agar dapat mencegah terjadinya kejadian bunuh diri tersebut. Untuk saat ini kecerdasan buatan ini memang masih terbatas pada suatu bahasa tertentu.

Kedepannya, kecerdasan buatan ini akan memiliki kemampuan untuk memahami bahasa yang lebih banyak, agar dapat memahami seluruh pengguna di berbagai negara. “Di masa depan, kecerdasan buatan akan dapat memahami lebih banyak bahasa, dan akan dapat mengidentifikasi masalah yang berbeda selain bunuh diri, termasuk dengan cepat menemukan lebih banyak jenis intimidasi dan kebencian,” ungkap Mark yang menginginkan platform buatannya bersih dari hal-hal negatif.

Mark Zuckerberg sendiri memang sempat mengungkapkan kekecewaannya atas berbagai hal yang terjadi pada platform buatannya. Di mana, kala itu dirinya menuliskan permintaan maaf melalui sebuah status yang mengungkapkan jika platform buatannya lebih banyak menjauhkan dari pada mendekatkan. Dirinya, berkomitmen untuk terus memperbaiki kemampuan platformnya tersebut.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Top