Chipset Exynos 9810 Resmi Hadir di Samsung Galaxy S9

Samsung Rilis Chipset Exynos 9810 – Sebelumnya santer beredar tentang spesifikasi Samsung Galaxy S9 yang membenamkan chipset 9810. Namun berita tersebut menarik perhatian karena chipset yang diusung pada smartphone tersebut belum dirilis oleh pihak Samsung.

Samsung Rilis Chipset Exynos 9810

Chipset mobile high-end yaitu Exynos 9810 tersebut akhirnya dikabarkan sudah dirilis, hal ini bukan dirilis secara resmi oleh Samsung melainkan sudah muncul pada daftar penghargaan inovasi pada pameran elektronik yaitu Consumer Electronics Show (CES) 2018.

Sebelumnya Samsung telah memenangkan beragam pada ajang pamera elektronik CES 2018 sebanyak 36 penghargaan. Dari 36 penghargaan tersebut, salah satu yang mendapatkan award adalah chip Exynos 9810.

Chipset Exynos 9810 dilengkapi dengan core GPU custom generasi ketiga dan dukungan teknologi 6CA pertama di industri gadget. Dengan didukung dengan teknologi 6CA pada Exynos 9810 maka mampu mengkombinasikan enam sinyal operator seluler yang bisa menghadilkan kecepatan hingga 1,2 Gbps. Chipset high-end dari Samsung ini dikabarkan juga menggunakan proses manufaktur 10 nm generasi kedua.

Seperti yang telah beredar, chipset generasi penerus dari Exynos 8895 tersebut akan disematkan pada ponsel terbaru dari Samsung yaitu Galaxy S9 yang dikabarkan akan meluncur tahun depan. Kabar ini seperti yang tercantum di halaman GSM Arena berdasarkan Begawei dapatkan dari halaman Kompas Tekno.

Sampai saat ini belum ada kabar lebih mendetail mengenai chipset terbaru dari Samsung tersebut. Namun banyak beredar kabar bahwa chipset ini akan mengandalkan GPU Mali-G72 untuk pengolah grafis. Seperti yang digunakan pada chipset generasi sebelumnya yang mana mengandalkan GPU Mali-G71.

Sekedar informasi, selain penghargaan pada chipset Exynos 9810 yang didapatkan Samsung pada ajang CES 2018. Samsung juga mengenalkan sensor kamera 24 MP ISOCELL Slim 3×7. Sensor tipis tersebut diklaim oleh Samsung bisa memberikan ukuran modul kamera lebih ramping. Teknologi pada lini fotografi yang dipamerkan oleh Samsung tersebut juga menjadi salah satu dari 36 award dari CES 2018.

Walaupun belum muncul informasi resmi mengenai chipset Exynos 9810, namun banyak yang mengatakan bahwa chipset tersebut sudah positif untuk diterapkan pada Samsung Galaxy S9. Kita nantikan kabar selanjutnya tentang Samsung Galaxy S9 untuk informas lebih detail.

 

 

Top