Cara Merekam Layar Android Tanpa Root

Cara Merekam Layar Android – Cara merekam layar Android menjadi salah satu hal yang banyak dicari oleh para pengguna Android khususnya para gamers. Bukan tanpa alasan, mengingat banyak gamers yang ingin merekam layar pada Android untuk mengabadikan ketika dirinya bermain game. Namun, tidak sedikit pengguna Android tidak mengetahui cara merekam layar Android tersebut.

Cara Merekam Layar Android

Sebenarnya, cara merekam layar Android ini terbilang mudah. Bahkan, kalaupun kawan-kawan belum mengetahuinya banyak tips dan trik yang tersebar di internet tentang cara merekam layar namun kamu diharuskan untuk root smartphone kamu. Meskipun root tersebut beralasan untuk keamanan atau yang lainnya, sebaiknya untuk menghindari hal tersebut. Nah, untuk itu dalam kesempatan kali ini Begawei akan membagikan cara merekam layar Android yang aman untuk kawan-kawan semua. Simak ulasannya berikut ini!!

Cara Merekam Layar Android Menjadi Video

Cara Merekam Layar Android

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merekam layar Android tanpa harus di root terlebih dahulu. Berikut 2 cara merekam layar Android tanpa root:

Cara Merekam layar Android Menggunakan Aplikasi Bawaan

Cara merekam layar Android menggunakan aplikasi bawaan yang aman sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan menggunakan Google Play Games. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Google Play Games merupakan aplikasi bawaan Android yang berguna untuk menyimpan data game di Android. Ternyata pada aplikasi tersebut juga tersedia fitur merekam game dan streaming langsung di youtube. Dengan adanya fitur untuk merekam layar tersebut, akan memudahkan kamu ketika cara merekam layar Android.

Adapun cara yang harus kamu lakukan ketika ingin merekam layar sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Play Games
  • Buka game untuk membuka halaman detail game
  • Maka kamu akan menemukan detail game di bagian atas, tap Rekam
  • Pilih setelan kualitas video yang diinginkan, tap Berikutnya
  • Sebelum kamu melanjutkan cara merekam layar Android menggunakan aplikasi bawaan, jika menginginkan rekam layar Android maka kamu keluar terlebih dahulu dari game tersebut. Hal ini tidak akan keluar dari Google Play Games sehingga kamu bisa merekam layar Android kamu
  • Jika ingin berhenti, maka klik dan tahan lingkaran gambar atau gambar stick game yang berwarna hijau hingga keluar tanda silang di tengah layar
  • Geser lingkaran video ketanda silang tersebut.

Cara Merekam Layar Android Samsung

Yang perlu diingat pada cara merekam layar Android menggunakan aplikasi bawaan ini adalah sistem Android yang bisa digunakan mulai pada Androi v5.0 (Lollipop) dan beberapa versi Android di atasnya. Bahkan smartphone tidak semua bisa melakukan cara ini seperti Xiaomi, Oppo, Asus dan Vivo. Sedangkan untuk perangkat yang bisa merekam layar dengan aplikasi ini adalah Samsung galaxy, Google Nexus.

Cara Merekam layar Android Menggunakan Aplikasi AZ Screen Recorder

Cara yang kedua adalah dengan cara merekam layar Android menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi merekam layar Android terbaik tanpa harus di root. Apabila kamu masuk ke Play Store, maka kamu banyak menemui screen recorder tanpa root namun dari sekian aplikasi yang dapat digunakan cara merekam layar Android di play store tersebut, AZ Screen Recorder merupakan yang paling ringan. Tidak hanya bisa digunakan untuk merekam layar saja, kamu bisa mensetting langsung kemudian aktifkan kamera depan dan sound recorder sehingga kamu bisa membuat video dengan mudah. Hampir semua smartphone bisa menginstal aplikasi yang dapat digunakan dalam cara merekam layar Android menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder ini seperti Vivo, Oppo, Asus, Samsyng, Mito, Lenovo, Xiaomi, Advan dan beberapa tablet lainnya.

Berikut beberapa cara yang harus kamu lakukan untuk merekam layar dengan aplikasi AZ screen Recorder:

  1. Unduh dan Install AZ Screen Recorder
  2. Jalankan aplikasi AZ Screen Recorder. Ketika kamu mengeklik aplikasi ini maka kamu akan menemukan beberapa fungsi yang terdapat pada aplikasi tersebut. Diantaranya Record, Setting, Camera, Output Directory dan Exit.
  1. Sebelum melakukan cara merekam layar Android menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder ini sebaiknya yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu adalah setting aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan dalam merekam. Dalam pengaturan tersebut kamu akan menjumpai pengaturan tingkat bit-rate video yang digunakan untuk mengatur tinggi detail video. Jika semakin tinggi tingkat detail video maka hasilnya juga akan semakin baik. Selain itu juga terdapat pengaturan frame rate, resolusi, direktori penyimpanan video, kamera dan lain sebagainya. Aturlah perekaman sesuai dengan keinginan kamu.
  2. Jika sudah melakukan langkah ketiga cara merekam layar Android menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder di atas, dan sudah kembali ke halaman yang sebelumnya maka mulai rekam dengan menekan tombol Rekam yang memiliki logo seperti video record. Kemudian hilangkan centang pada opsi Don’t Show Again agar peringatan tidak muncul ketika kamu sedang merekam layar Android. Kemudian tekan tombol Start Now dan aktivitas merekam sudah dimulai.
  3. Selama proses merekam tersebut kamu bisa melihat informasi dengan melihat ikon video yang ada di sudut kiri bar notifikasi. Untuk cara merekam layar Android ini bisa kamu lakukan tanpa batasan durasi waktu namun yang perlu kamu ingat adalah kapasitas ruang penyimpanan yang disediakan memadai atau tidak.
  4. Apabila sudah melakukan aktivitas perekaman layar Android atau yang ingin kamu rekam tersebut maka kamu cukup menekan tombol Stop dengan menarik bar notifikasi. Namun, apabila kamu menghentikan sejenak aktivitas merekam kamu maka cukup tekan tombol Pause atau seperti tombol dua garis vertikal.
  5. Jika kamu sudah menghentikan aktivitas merekam dan menekan tombol Stop maka akan ada pemberitahuan bahwa video berhasil direkam. Kemudian cara merekam layar Android menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder selanjutnya adalah tekan tombol putar untuk melihat hasil rekaman layar Android kamu tersebut. Selain itu, pada pemberitahuan tersebut ada beberapa opsi diantaranya Share Video, Delete Video dan Trim Video (Memotong video).
  6. Jika ingin melihat video yang berhasil kamu rekam tersebut maka tekan tombol Output Directory maka kamu akan menemukan video yang sudah kamu rekam tersebut. Disana kamu akan menemukan dua opsi pada file video kamu yaitu Share dan Delete. Namun, tidak perlu cemas karena hasil rekaman video menggunakan cara merekam layar Android menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder tersebut bisa langsung terhubung ke Galeri smartphone kamu sehingga kamu langsung bisa menikmati hasil rekaman video tersebut.

Cara Merekam Layar Android Tanpa Root

Nah, demikian beberapa cara merekam layar Android yang aman dengan menggunakan beberapa aplikasi tanpa harus melakukan root. Kedua cara di atas tentu dapat kawan-kawan lakukan jika perangkat smartphone yang kawan gunakan memang sudah mendukung untuk kegiatan tersebut. Melakukan root pada smartphone memang memiliki berbagai risiko keamanan untuk smartphone. Semoga dengan cara merekam layar Android yang Begawei sampaikan di atas dapat bermanfaat. Baca juga ulasan lain mengenai Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor. dan Cara Main Mobile Legends Tanpa Lag.

Top