Benarkah Performa Snapdragon di Windows 10 Mengecewakan ?

Performa Snapdragon Mengecewakan ? – Beberapa waktu yang lalu, Microsoft pernah menjanjikan akan menciptakan laptop yang dapat menyala selama beberapa hari dengan membekali Windows 10 versi ARM dengan chipset Qualcom Snapdragon 835.

Performa Snapdragon Mengecewakan

Akan tetapi, meski laptop tersebut dapat menyala beberapa hari berkat adanya chip tersebut di dapur permesinannya, namun kinerja laptop tersebut dapat mengecewakan. Hal ini terungkap melalui bocoran screenshoot benchmark Geekbench, sebagaimana dilansir dari laman KompasTekno.

Dari screenshoot tersebut terlihat skor sebuah laptop Windows 10 S (versi Windows 10 untuk hardware low-end) 32-bit dengan prosesor Octa-Core yang disinyalir menggunakan chipset Snapdrgon 835 dan RAM 8 GB.

Dari hasil benchmark leptop tersebut, terlihat 1.163 poin untuk single core dan 4.263 poin untuk multi-core. Skor benchmark itu pun menurun drastis ketika OS yang dijalankan adalah Windows 10 Pro.

Dalam hal ini dapat dibandingkan sebuah chip desktop low-end Core i3 (dengan arsitektur x86, bukan ARM), dapat menghasilkan skor single dan multi-core masing-masing 3.692 dan 11.860. Chipset Snapdragon 835 pun apabila disematkan dalam smartphone dapat menghasilkan skor Geekbench lebih tinggi di kisaran 2000 poin untuk single core dan 6.000 poin untuk multi-core.

Akan tetapi, dalam hal ini perlu diingat bahwa hasil benchmark tersebut hanya sekedar bocoran dan kebenarannya masih diragukan apakah itu merupakan laptop Windows 10 berbasis Snapdragon 835.

Jika pun bocoran tersebut benar adanya, belum tentu bocoran benchmark tersebut mewakili versi final perangkat tersebut di pasaran nantinya. Bisa saja setelah mengetahui hasil benchmark tersebut , Microsoft dan Qualcomm masih memiliki waktu untuk melakukan mengoptimalisasi peningkatan kinerja laptop tersebut.

Terkait hal ini, pihak Qualcomm dan Microsoft pun telah melakukan kerjasama dengan sejumlah pihak untuk membuat perangkat laptop Windows 10 berbasis chipset Snapdragon 835, salah satunya yaitu dengan HP yang dikabarkan tengah bersiap untuk membuat model layar 12 inchi dengan RAM berkapasitas 4 GB/ 8 GB, serta ruang penyimpanan 128 GB/256 GB.

Dengan adanya bocoran perhitungan benchmark tersebut, sejauh ini pihak Microsoft pun belum memberikan konfirmasinya. Semoga saja bocoran tersebut tidaklah benar, karena selama ini Microsoft tergolong menciptakan laptop berkinerja baik.

 

Top