Android Oreo Punya Fitur Penghemat Baterai

Android Oreo Dibekali Fitur Penghemat Baterai – Sistem operasi yang bernama Android versi 8.1 Oreo sampai saat ini diketahui masih dalam tahap proses pengembangan untuk memaksimalkan fitur barunya. Fitur terbaru yang akan ditawarkan Android tersebut digadang-gadang bakal sanggup memperpanjang usia baterai smartphone. Teknologi tersebut diberi nama wakelock detector.

Android Oreo Dibekali Fitur Penghemat Baterai

Perlu untuk diketahui bahwa Wakelock Detector sendiri merupakan aplikasi canggih penghemat baterai yang memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi dan memantau aplikasi guna mencegah smartphone berada dalam mode deep sleep. Menariknya, fitur baru pada Android Oreo ini pun nantinya akan memilih aplikasi yang menguras daya baterai dengan cara mencegah perangkat beralih ke mode deep sleep. Proses kerjanya sendiri, selama mode deep sleep, aplikasi yang tengah beroperasi di background, seperti media sosial, jaringan WiFi, atau data seluler, bakal dinon-aktifkan sementara.

Tak cukup sampai di situ saja bahkan aplikasi yang bekerja di latar belakang tersebut nantinya pun akan diaktifkan kembali saat ponsel dibuka. Pengaktifkan kembali ini dilakukan agar setiap aplikasi bisa tetap tersinkronisasi, khususnya aplikasi yang membutuhkan notifikasi atau pemberitahuan, seperti media sosial berupa BBM maupun WA.

Di samping memiliki kehandalan dalam menginformasikan kepada pengguna tentang aplikasi apa saja yang boros daya, fitur canggih berupa Wakelock detector ini pun diklaim juga sekaligus akan memberikan alasan penyebab aplikasi tersebut menggunakan banyak sekali daya baterai. Sebagai contoh misalnya aplikasi berbasis lokasi yang dapat menelusuri lokasi pengguna berulang kali. Aplikasi yang beroperasi seperti ini akan menguras daya sangat cepat.

Di sisi lain, berdasarkan laporan yang dikutip dari Phone Arena pada Selasa (14/11/2017), fitur canggih Wakelock detector ini pun bisa ditemukan pada menu informasi baterai yang letaknya berada di Setting atau pengaturan. Di mana nantinya wrongdoing app atau aplikasi yang memiliki kinerja aneh atau mencurigakan (seperti menguras banyak baterai) bakal dengan sangat mudah untuk diidentifikasi dengan peringatan ikon baterai bewarna merah.

Nah, dengan kecanggihan yang dimiliki fitur Wakelock detector tersebut maka pengguna bisa mengambil keputusan apakah ingin menutup secara paksa aplikasi atau ‘melumpuhkan’ (disable) layanan pendukung yang sedang digunakan, seperti GPS yang didukung oleh aplikasi berbasis lokasi.

Top