Rute Ganjil Genap Kini Bisa Diketahui Melalui Waze

Fitur Baru Waze – Peraturan ganjil genap di sejumlah jalan di Jakarta memang menjadi salah satu solusi kemacetan yang ada di Jakarta. Baru-baru ini, Dishub DKI Jakarta menggandeng salah satu aplikasi navigasi berbasis komunitas Waze untuk  mengetahui rute ganjil genap. Kerja sama ini pun diharapkan akan menjadi salah satu solusi kemacetan di Ibukota. “Kerja sama dengan Waze merupakan salah satu upaya kami untuk mengurangi tingkat kemacetan di wilayah ibu kota,” kata Kepala Dishub DKI Jakarta, Andri Yansyah seperti yang begawei lansir dari Antara.

Fitur Baru Waze

Jakarta pun menjadi salah satu yang diberikan fitur serupa oleh Waze setelah sebelumnya beberapa kota di Brazil juga menerapkannya. Kerja sama ini pun sebenarnya sudah dibicarakan semenjak tahun lalu, di mana saat perwakilan dari Dishub dan Jakarta Smart City mempresentasikan kebijakan pengaturan lalu lintas Ganjil Genap yang diterapkan di ruas Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin di sebuah acara yang bertempat di Google Paris. “Presentasi dilakukan dengan menggunakan olahan data Waze pada acara Waze-CCP Summit Meeting yang bertempat di Google Paris. Dari situ disepakati kerja sama ini,” ungkap Andri Yansyah.

Cara menggunakan fitur ini pun terbilang cukup mudah. Di mana untuk dapat menikmatinya pengguna hanya perlu masuk ke menu Setting > Navigasi > Licence plate restriction > lalu masukkan dua digit (angka) terakhir nomor plat kendaraan pengguna. Setelah itu, nantinya secara otomatis Waze akan memberikan arahan rute lintasan sesuai dengan plat nomor yang digunakan pengguna.

Tak hanya itu saja, untuk fitur Waze di Jakarta ini pun juga dilengkapi dengan parkir off street. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari tempat parkir di skitar lokasi terdekat tujuan. “Bahkan khusus di Jakarta juga sudah menambahkan lokasi parkir off street yang tersedia di dekat lokasi tujuan pengguna jalan. Contohnya seperti parkir off street di IRTI Monas dan Thamrin 10,” ungkap salah seorang informan yang Begawei lansir dari Liputan6Tekno. Tentu saja dengan adanya hal ini akan semakin memudahkan para pengendara.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Top