Oculus Go, Headset VR Terjangkau Buatan Facebook

Facebook Rilis Oculus Go – Saat ini sarana Virtual Reality (VR) terbagi menjadi dua, yaitu headset VR besar berharga mahal yang tersambung dengan PC yang dibanderol dengan harga yang mahal dan headset VR smartphone yang jauh lebih murah namun tidak sebaik pengalaman headset yang tersambung di PC.

Facebook Rilis Oculus Go

Dengan adanya dua varian VR tersebut, Facebook tampaknya ingin menawarkan opsi lain dengan mengeluarkan headset VR yang mampu beroperasi secara mandiri tanpa harus tersambung ke PC maupun smartphone.

Headset lansiran Facebook ini dinamai Oculus Go yang diluncurkan secara resmi dalam acara konferensi tahunan Oculus di San Jose, Amerika serikat pada pekan ini. Oculus Go tersebut dapat bekerja secara stand alone dan dibanderol dengan harga 200 dollar AS atau setara dengan Rp. 2,8 juta.

Banderol harga tersebut lebih murah dibandingkan dengan headset VR keluaran facebook sebelumnya. Headset VR sebelumnya, yaitu Oculus Rift, dibanderol dengan harga 599 dollar AS atau sekitar Rp. 8 juta. Sewaktu pertama kali meluncur, headset ini pun juga masih membutuhkan komputer yang berbanderol setidaknya 500 dollar AS untuk headset tersebut dapat bekerja.

Terkait spesifikasi hedaset Oculus Go ini, headset ini memiliki layar LCD fast-switch dengan resolusi 2.560 x 1.440 piksel yang diklaim mampu mengurangi efek screen door (garis yang muncul diantara piksel) dan juga meminimalisir lag atau jeda waktu antara input pengguna dan respon di layar headset.

Dilansir dari KompasTekno, Oculus mengemukakan bahwa headset VR tersebut merupakan perangkat all-in-one yang lebih terjangkau dibandingkan dengan perangkat sebelumnya dan juga telah dibekali dengan peningkatan besar di area kenyamanan, kejelasan pandangan dan kemudahan pakai.

Seorang analis firma riset pasar Gartner, menyebutkan jika stretegi Facebook soal industri VR adalah membuat teknologi tersebut semurah dan semudah mungkin untuk dipakai. Dengan banderol 199 dollar AS tersebut, pengguna dapat mencicipi VR tanpa harus merogoh kocek yang banyak. Akan tetapi, sayangnya perangkat tersebut hanya bisa melakukan VR dan tidak ada kemampuan lain.

Oculus dipasaran pada tahun 2018 nantinya bakal diposisikan diantara headset VR high-end seperti Oculus Rift dan HTC Vive, serta headset VR untuk smartphone seperti Samsung gear VR dan Google Daydream View yang dibanderol dengan kisaran 100 dollar AS. Selain itu, tampaknya Google juga akan mengembangkan headset VR yang mampu berfungsi secara mandiri. Namun tanggal rilisnya dan harganya masih belum jelas.

 

Top