iPhone X Laris Samsung Untung Banyak, Kok Bisa?

Keuntungan Samsung dari iPhone X – Jika kawan-kawan membaca judul yang begawei tulis, tentu kawan cukup terheran-heran bukan? Bagaimana tidak, Samsung dan Apple memang diketahui menjadi rival yang sangat sengit di Industri smartphone khususnya kelas flagship. Di mana dengan berbagai perangkat besutan masing-masing mereka saling beradu untuk menjadi yang tercanggih dan terdepan. Namun sebuah lembaga riset pasar Counterpoint Technology Market Research mengeluarkan sebuah prediksi yang mengejutkan. Di mana lembaga tersebut menyebut jika penjualan iPhone X laris, perusahaan yang menikmati keuntungan paling banyak bukanlah Apple, melainkan Samsung.

Keuntungan Samsung Dari IPhone X

Tak tanggung-tanggung, bahkan keuntungan yang diraih Samsung dari iPhone X tersebut justru lebih besar dari keuntungan yang diraih oleh Apple. Dilansir dari Phone Arena melalui KompasTekno, hal tersebut disebut tidak lepas dari berbagai komponen pada iPhone X yang notabene merupakan buatan dari Samsung. Tak hanya layar OLED pada iPhone X yang memang dibuat oleh Samsung, beberapa komponen kecil lain pada perangkat pesaing Galaxy S8 ini juga rupanya dibuat oleh Samsung.

Tak mengherankan jika semua komponen tersebut diperhitungkan, berdasarkan analisa dari Counterpoint Technology Market Research, Samsung bisa meraih keuntungan 110 US dollar dari setiap penjualan 1 unit iPhone X. Sangat mengejutkan bukan? Di sisi lain, lembaga tersebut juga memprediksi jika Apple nantinya akan mampu menjual sekitar 130 juta unit iPhone X hingga musim panas 2019 mendatang. Sehingga, jika prediksi tersebut benar maka pendapatan Samsung dari iPhone X ini bisa mencapai 14,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 194,1 triliun.

Sementara itu, jika membandingkan dengan keuntungan Samsung dari penjualan perangkatnya sendiri yang notabene merupakan pesaing dari iPhone X memang Samsung mendapatkan lebih banyak keuntungan jika dihitung per unitnya yakni sekitar 202 dollar AS per unit. Namun, jika melihat prediksi dari lembaga tersebut yang mengatakan jika Samsung diprediksi bakal sanggup menjual Galaxy S8 hingga 50 juta unit dalam 20 bulan sejak peluncurannya. Artinya total hanya sekitar 10,1 miliar dollar AS atau setara Rp 137,1 triliun keuntungan Samsung dari Galaxy S8. Selisih cukup jauh dari keuntungannya dari iPhone X. Meskipun demikian, bukan berarti Apple dalam hal ini tidak diuntungkan. Apple pun tetap memperoleh keuntungan yang besar jika memang iPhone X ini laris di pasaran.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Top