Ini Resiko Virtual Reality bagi Anak-anak

Resiko Penggunaan Virtual Reality – Virtual reality menjadi salah satu perangkat gaming yang cukup menarik untuk digunakan. Dengan menggunakan alat ini, pengguna akan merasakan pengalaman menarik seolah-olah masuk kedalam game tersebut. Namun rupanya dibalik menariknya alat tersebut, perangkat ini memiliki risiko jika digunakan oleh anak-anak.

Resiko Penggunaan Virtual Reality

Seperti yang Begawei lansir dari Liputan6Tekno, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Leeds Unviersity yang melibatkan anak-anak berusia 8-12 tahun untuk mencoba menggunakan VR headset dan memainkannya selama 20 menit menemukan hasil yang mengungkap jika perangkat tersebut memiliki efek yang buruk bagi anak-anak. Pasalnya, dari hasil penelitian tersebut diketahui jika anak-anak mengaku mengalami distraksi penglihatan dan pusing, bahkan di antaranya sampai ada yang mual.

Dari hal tersebut dapat diketahui jika perangkat ini memang belum sepenuhnya aman untuk digunakan oleh anak-anak. Bahkan, jika digunakan lebih dari 20 menit, risiko terberat yang mereka alami bisa jadi seperti vertigo atau rasa pusing berlebihan yang berlangsung secara terus-menerus. Hal ini tentu tidak baik untuk pertumbuhan anak-anak.

Salah satu yang membuat VR ini dapat menjadi ancaman kesehatan bagi kesehatan adalah karena danya pergerakan yang sangat cepat pada objek yang disaksikan di VR  headset tersebut. Hal tersebut pun diungkapkan oleh para peneliti tersebut dengan menulis sebuah tulisan yang berbunyi  “Masalahnya adalah perlambatan konstan dan kecepatan. Bukan pada seberapa cepat pergerakan, tetapi durasi perubahan tersebut,”.

Dirinya juga menambahkan jika, sistem keseimbangan internal tubuh akan menyesuaikan dengan segala pergerakan dari apa dilihat sehingga hal ini lah yang membuat beberapa efek yang terjadi. “Saat penggunanya mencoba memainkan sebuah gim, sistem keseimbangan internal akan mencoba menyesuaikan dengan segala pergerakan. Misalnya, ketika melakukan putaran pada permainan jet tempur, kelihatannya dunia seperti berputar dengan cara yang aneh,” lanjutnya.

Tentu saja, dengan penelitian tersebut dapat kita simpulkan jika meskipun menjadi salah satu perangkat yang terbilang cukup canggih, namun penggunaan VR pun harus tetap dibatasi. Pasalnya seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa penggunaan yang tidak tepat akan menimbulkan berbagai efek yang mengancam kesehatan khususnya anak-anak.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Top