Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Google Drive dengan Mudah

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Google Drive – Bagi kawan-kawan yang kerap melakukan download file di internet, cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive mungkin akan cukup berguna. Ya, hal ini memang sering terjadi ketika kawan-kawan akan melakukan download file yang disimpan di Google Drive. Pasalnya, Google Drive memang biasanya memiliki limit download di penyimpanan miliknya. Limit download disini bukan diartikan sebagai batasan kecepatan download, namun batasan berapa kali orang telah mendownload files tersebut. Nah, jika file sudah mencapai batas limit download, memang akan membuat kita kesulitan untuk melakukan download. Namun, dengan menggunakan cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive yang akan Begawei jelaskan, kawan-kawan tentu tidak akan kebingungan lagi. Pasalnya, meskipun memiliki limit download, seperti yang kita semua ketahui, situs file hosting milik salah satu perusahaan teknologi raksasa dunia ini, yakni Google, ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan situs files hosting lainnya sehingga dapat menarik minat banyak orang untuk memakainya. Apalagi Google Drive ini terhubung dengan Google Mail sehingga sangat fleksibel digunakan tidak hanya bagi pekerja saja, tetapi juga bagi pelajar. Semakin penasaran kan dengan cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive ini?

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Di Google Drive

Cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive sebenarnya terbilang cukup mudah. Pasalnya, untuk dapat menembus batasan jumlah download suatu file, kawan-kawan sebenarnya tidak membutuhkan berbagai aplikasi atau apapun, melainkan hanya akun Google. Biasanya, Google Drive ini melimitasi jumlah download-nya dengan memperingatkan penggunanya bahwa jika dalam rentang waktu 24 jam banyak orang yang mengakses files tersebut, maka kamu tidak bisa mendownload beberapa files kamu, sehingga kamu harus menunggunya selama 24 jam kemudian untuk dapat mendownload files kamu tersebut. Cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive ini tentu juga akan mempersingkat waktu tunggu yang harus mencapai 24 jam untuk lebih mengefisiensi waktu. Pasalnya, bila file tersebut tidak terlalu penting dan kamu tidak segera membutuhkannya, pasti kamu akan bersedia menunggu 24 jam kemudian untuk mendownload files itu. Namun, jika file tersebut sangat penting dan harus segera kamu gunakan, maka pastinya kamu tidak akan bersabar untuk menunggu 24 jam kemudian bukan? Nah, untuk itu langsung saja simak cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive yang akan Begawei berikan di bawah ini.

Cara Mengatasi Google Drive Limit

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Di Google Drive Pada Browser

Tips pertama yang akan Begawei berikan adalah cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive pada browser. Berikut langkah-langkah selengkapnya:

  1. Langkah pertama cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive pada browser yang harus kamu lakukan adalah kamu harus mempunyai akun Google Drive terlebih dahulu. Jika kamu belum memiliki akun tersebut, kamu harus mendaftar terlebih dahulu dengan membuat email di Google Mail. Setelah membuat akaun tersebut, barulah kamu memiliki hak akses penuh kapasitas 15 GB tersebut di Google Drive. Selanjutnya bukalah Google Drive kamu dan pada kolom URL, hapus bagian “&export=download”, lalu ganti ke “uc” dengan “open”.
  2. Langkah kedua dari cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive pada browser, yakni kamu harus mengklik pojok kanan atas, yaitu “Logo Google Drive + “.
  3. Langkah berikutnya yakni setelah mengklik logo Google Drive tersebut, logo akan berubah dan kamu harus mengklik satu kali lagi, lalu klik “Drive Saya”.
  4. Setelah itu klik kanan pada file yang ingin kamu download, lalu klik kanan pilih “Buat Salinan”.
  5. Setelah mengklik “Buat Salinan”, langkah cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive pada browser selanjutnya maka akan muncul sebuah file baru dengan awalan nama “Salinan”, nah kamu harus mengklik kanan pada file tersebut, lalu pilih “Download”. Tunggu proses download selesai dan kemudian setelah selesai, masalah limit download di Google Drive tersebut teratasi.

Trik Agar Download Di Google Drive Tidak Terkena Limit

Tips di atas adalah tips cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive pada browser. Nah bagaimana jika kamu mengunduhnya dengan menggunakan Internet Download Manager (IDM) ? Selain cara di atas, ada lagi cara yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi limit download Google Drive tersebut jika kamu menggunakan IDM untuk mendownloadnya. Berikut Begawei jelaskan cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive menggunakan Internet Download Manager (IDM).

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Di Google Drive Menggunakan Internet Download Manager (IDM)

  1. Langkah awal dari cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive menggunakan Internet Download Manager (IDM) adalah bukalah web download Google Drive seperti biasanya.
  2. Langkah selanjutnya yaitu di URL nya, hapus https://drive.google.com/file/d/view, sehingga akan terdapat ID File Host yang tersisa di URL.
  3. Selanjutnya, tambahkan https://googledrive.com/host/ di depan ID File Host yang tersisa di URL tersebut, lalu tekan Enter.
  4. Kemudian cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive menggunakan Internet Download Manager (IDM) selanjutnya file akan terdownload secara otomatis, tetapi namanya berubah. Namanya tidak seperti judul file nya.
  5. Ketika file tersebut dalam proses download, klik Show All Downloads pada sisi kanan atas Google Chrome, lalu klik Cancel.
  6. Setelah itu ketika proses download terhenti, klik kanan lalu pilih Copy Link Address.
  7. Setelah mengcopy link addressnya, cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive menggunakan Internet Download Manager (IDM) selanjutnya adalah paste linknya ke IDM lalu tekan OK, maka file yang tadinya tidak bisa kamu download di Google Drive, dapat terdownload dengan mudah.
  8. Perlu diperhatikan pula, meskipun di tulisannya terdapat ‘Resume’ ‘YES’, akan tetapi itu sebenarnya tidak support. Jika kamu mengklik ‘pause’ dan kemudian ‘start’ lagi, IDM akan mencari link dan pastinya tidak akan ditemukan linknya. Nah untuk mengatasi hal itu, yakni untuk meresume download kamu lagi, kamu harus mencari linknya lagi lalu tempatkan di ‘Address’ pada File Properties. Sampai di sini cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive menggunakan Internet Download Manager (IDM) sudah hampir selesai.
  9. Untuk format filenya, cukup kamu ganti ke format yang mau kalian download. Jika formatnya zip, maka kalian juga harus menggantinya ke zip.

Google Drive Limit Download

Nah, itulah tadi tips cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive menggunakan Internet Download Manager (IDM) maupun pada browser yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi limit download Google Drive. Dengan beberapa tips di atas, kawan-kawan dapat dengan mudah mengatasi masalah yang sering terjadi ketika mendownload file dari Google Drive yakni limit download. Tentu saja cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive di atas harus diperhatikan dengan benar untuk dapat berjalan dengan lancar. Nah, ternyata mengatasi atau menembus batasan limit download di Google Drive terbilang cukup mudah bukan? Begawei rasa cukup sekian pembahasan kali ini mengenai cara mengatasi tidak bisa download di Google Drive. Jangan lupa baca juga mengenai

Teknologi Terkait

Daftar Perbandingan

Bandingkan
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top