Apple Akan Hilangkan Sensor Sidik Jari dari iPhone?

Apple Hilangkan Sensor Sidik Jari – Apple disebut-sebut tidak akan menggunakan lagi sensor pemindai sidik jari atau fingerprint pada perangkat-perangkat iPhone terbarunya. Hal tersebut Begawei dapatkan dari sebuah berita di Phone Arena yang menyebut jika analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo, yang memperkirakan Touch ID yang memulai debutnya pada iPhone 5s tidak lagi akan menghiasi jajaran smartphone terbaru Apple di tahun-tahun ke depan.

Apple Hilangkan Sensor Sidik Jari

Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat Apple juga beberapa waktu yang lalu baru saja menghilangkan headphone jack 3,5mm pada iPhone 7 ke atas dan diikuti pula oleh beberapa perangkat pabrikan lain. Di sisi lain, meskipun tidak akan lagi menggunakan sensor pemindai sidik jari, produk-produk Apple disebut-sebut tetap akan memiliki sistem keamanan yang lebih kompleks. Di mana menurut Kuo, semua model iPhone yang akan diumumkan pada tahun depan akan memiliki TruDepth Camera dan Face ID.

Sensor pemindai sidik jari sendiri pertama kali disematkan pada perangkat iPhone 5s yang kemudian juga tersemat pada seri-seri iPhone selanjutnya dan kemudian diikuti banyak perangkat pabrikan lain. Meskipun demikian, Apple sebenarnya bukan pabrikan pertama yang menyematkan sensor pemindai sidik jari pada perangkat pintarnya. Sebelum iPhone 5s, perangkat bernama Motorola Atrix diketahui telah memiliki fitur ini terlebih dahulu. Namun tidak bisa dipungkiri semenjak digunakan oleh iPhone, sensor pemindai sidik jari kian booming dan digunakan banyak perangkat di dunia.

Tak tanggung-tanggung, bahkan semua perangkat menengah ke atas saat ini fitur sensor sidik jari menjadi sebuah kewajiban. Setidaknya ada 70 persen perangkat Android yang menggunakan sensor sidik jari ini. Sehingga tidak mengherankan Apple menjadi sebuah ternd setter bagi banyak perangkat Android di dunia.

Saat ini iPhone memang telah memiliki sistem keamanan terbaru yang disematkan pada perangkat iPhone X. Di mana, sistem keamanan tersebut bernama Face ID yang mampu mengenali wajah dari pemilik dengan 3D. Fitur ini bahkan disebut-sebut lebih sempurna jika dibandingkan dengan fitur pemindai wajah milik Samsung yang hanya dapat mengenali wajah secara 2D sehingga mudah untuk dikelabui.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Top