Apakah Android Aman Terhadap Serangan CRACK ?

Amankah Android Terhadap Serangan CRACK ? – Baru-baru ini netizen sempat panik dengan adanya serangan CRACK, dimana celah keamanan pada protokol WPA2 yang terkoneksi WiFi di seluruh dunia dapat dibobol oleh peretas dengan cara membobol jaringan WiFi menggunakan metode key reinstallation attacks (KRACK) yang cukup sederhana.

Amankah Android Terhadap Serangan CRACK 3

Dilansir dari WindowsCentral melalui KompasTekno, dengan metode CRACK tersebut, memungkinkan peretas masuk ke jaringan WiFi tanpa mengetahui password. Dalam hal ini peretas mencegat lalu lintas data pada jaringan dan menghimpun semua informasi yang diperlukan untuk membobol jaringan. Jika berhasil, peretas dapat mencuri data-data penting seperti nomor dan password kartu kredit, isi pesan, email, foto, dan lainnya. Peretas juga dapat menyisipkan ransomware atau malware via celah keamanan tersebut.

Ditengah kepanikan netizen menyusul ditemukannya celah keamanan pada protokol WPA2 tersebut, Microsoft dikabarkan tetap tenang dan sesumbar kepada pengguna sistem operasi Windows bahwa mereka tak perlu khawatir terhadap serangan CRACK tersebut. Pasalnya, Microsoft sudah merilis tambalan keamanan alias patch yang diklaim ampuh dari eksploitasi protokol WPA2. Patch tersebut sudah ada sejak 10 Oktober lalu sebagai bagian dari pembaharuan sistem operasi Windows.

Dalam keterangan resminya, Microsoft menjelaskan bahwa jika pengguna telah membaharui Windows dan mengaktifkan update keamanan, maka secara otomatis perangkat tersebut akan terlindungi serangan CRACK.

Tak hanya raksasa software Windows, yang tampak tenang menghadapi serangan CRACK, Apple pun juga mengatakan bahwa pengguna iOS 11 dan macOS High Sierra juga aman terhadap serangan tersebut. Para peneliti menyebutkan bahwa sistem keamanan pada iOS 11 dan macOS High Sierra cukup kuat dan menyulitkan para pembobol untuk beraksi melalui celah pada protokol WPA2.

Pernyataan Microsoft tersebut tentunya akan membuat pengguna Windows tenang, begitu pula dengan ketangguhan iOS dan macOS yang layak diacungi jempol sehingga penggunanya pun juga dapat merasa tenang dan lega. Lalu bagaimana dengan Android?

Sistem operasi buatan Google tersebut berjanji bakal merilis patch pada 6 November mendatang. Patch tersebut kabarnya bakal lebih dulu tersedia untuk lini Pixel sebelum disebar ke perangkat-perangkat Android lainnya.

Teknologi Terkait

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Top