Smartphone 5G Siap Dipasarkan 2019

Kemunculan Smartphone 5G – Teknologi jaringan memang kian berkembang, kemunculan jaringan 5G pun sebenarnya memang sudah sejak lama dirumorkan. Bahkan semenjak beberapa waktu yang lalu, teknologi jaringan ini sudah mulai diperkenalkan yang digadang-gadang akan menggantikan teknologi 4G yang saat ini menjadi jaringan terbaik. Saat ini sendiri, teknologi ini masih dalam tahap pengembangan infrastruktur hingga nanti diperkirakan pada tahun 2019 5G sudah dapat dinikmati secara komersial.

Kemunculan Smartphone 5G

CEO Qualcomm Steven Mollenkopf mengatakan jika pemasaran perdana smartphone 5G secara komersial memang baru akan dimulai tahun 2019 mendatang yang notabene 2 tahun lagi. “Kamu akan melihat perangkat sungguhan di 2019. Jika aku menjawab pertanyaan serupa tahun lalu, aku akan menjawab 2020,” kata Mollenkopf di ajang Frankfurt Motor Show, Jerman yang Begawei lansir dari ZDNet melalui DetikInet.

Selain itu, dirinya juga menambahkan jika beberapa operator seluller di Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan saat ini tengah mempersiapkan peluncuran 5G pada tahun 2019 mendatang. Tak hanya itu, salah satu operator di China pun tak mau ketinggalan dengan turut mempersiapkan hal serupa. “Saya pikir kamu akan melihat dari penggerak pertama, Korea, Jepang dan Amerika Serikat, karena melihat permintaan yang kuat di semua lokasi tersebut. Namun ada beberapa operator yang ingin menjadi pertama dan tidak mau ketinggalan dari lain,” katanya.

Qualcomm sendiri memang diketahui telah melakukan pengujian jaringan 5G di seluruh dunia. Bahkan, pada bulan Februari pihaknya mengumumkan kemitraan dengan salah satu perusahaan yang pernah bermitra dengan Sony yakni EricssonĀ  dan juga Telstra untuk melakukan uji coba 5G. Pada saat yang sama, Qualcomm dan Ericsson pun akan menjadi mitra percobaan 5G tambahan dengan salah satu operator telekomunikasi Jepang NTT DoCoMo dan raksasa teknologi Eropa Vodafone.

Percobaan yaang akan dilakukan Qualcomm dengan beberapa mitranya tersebut tentu akan menjadi debut yang menarik dari 5G untuk diikuti perkembangannya. Bahkan seperti diketahui beberapa waktu yang lalu Qualcomm bersama XL di Indonesia pun telah memperkenalkan apa itu 5G meskipun belum akan membawanya ke Tanah Air.

Top