Line Cukup Serius Garap Kecerdasan Buatan

Line Semakin Serius Membuat Kecerdasan Buatan – Line baru-baru ini sedang giat menyiapkan teknologi terbarunya yang disebut sebagai kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Dikembangkannya teknologi ini karena menurutnya teknologi ini merupakan teknologi penting dan akan dikembangkan oleh Line di masa mendatang.

Line Semakin Serius Membuat Kecerdasan Buatan

Proyek Line yang diberi nama Cloud-based Virtual Assistant (Clova) tersebut telah digarapnya sejak tahun lalu. Di tahun ini,tepatnya pada bulan Maret lalu, kecerdasan buatan ini telah diperkenalkan dihadapan publik dalam ajang Mobile World Congress di Jerman.

Dalam acara tersebut, Line tak hanya mengenalkan Clova, tetapi juga mengenalkan Line Wave, yakni speaker pintar yang dapat berkomunikasi dua arah dengan penggunanya. Line Wave ini terhubung dengan sistem Clova di jaringan awan.

Dengan teknologi Line Wave ini, pengguna dapat memerintah asisten digital tersebut melalui suara, misalnya untuk mengirim chat pada Line Chat, membacakan berita atau perkiraan cuaca, hingga mematikan lampu kamar tidur.

Kabarnya, Line Wave ini dapat dipesan pada bulan Agustus lalu dengan sistem pre-order khusus untuk pengguna di Jepang dan akan dikirim kepada pemesannya sebulan kemudian.

Selain itu, Line juga tengah memproduksi perangkat serupa yang didesain dengan karakter khas Line, yakni Champ Sally dan Champ Brown. Tak hanya itu saja, Line berkolaborasi dengan Vinclu, juga menciptakan aisten digital Gatebox berbasis Clova. Gatebox ini cukup unik karena tidak hanya menampilkan komunikasi suara, tetapi juga menampilkan hologram animasi tiga dimensi berkarakter wanita.

Saat ini, Line mulai meningkatkan pertumbuhan Clova yang menjadi ‘otak’ pengolah data yang dikirim oleh asisten digital tersebut. Tak lupa, Line juga mengajak developer dari berbagai negara untuk bersama-sama mengembangkan kecerdasan buatan ini.

Para developer dari berbagai negara tersebut kabarnya akan diajak bergabung pada tahun 2018 mendatang dengan membangun sistem Clova Development Environtment. Untuk membangun sistem ini, Line menyediakan software development kit (SKD) dan application programing interface (API) yang dapat digunakan oleh para developer tersebut untuk membesarkan Clova.

Lebih lanjut, CTO Line Corporation menyatakan bahwa nantinya Clova tersebut akan dapat digunakan untuk menghubungkan beragam perangkat digital yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk mengembangkan Clova tersebut, Line telah bekerjasama dengan Yamaha, Toyota, Family mart, Sony Mobile, dan LG.

Untuk saat ini, Clova tersebut hanya dapat berkomunikasi dengan bahasa Jepang dan tidak akan menutup kemungkinan untuk bisa berkomuniksi dengan bahasa lainnya. Kita tunggu saja!

Top