iPhone X Diklaim Lebih Cepat dari Android Manapun

Performa Mesin iPhone X – Perangkat terbaru Apple yakni iPhone X memang sangat menarik perhatian. Tak hanya desainnya saja yang tampil full layar tanpa tombol home layaknya perangkat-perangkat Apple sebelumnya, perangkat ini juga cukup menarik perhatian dari segi dapur pacunya. Pasalnya, dapur pacunya yang menggunakan chipset buatan Apple sendiri yang bernama A11 Bionic disebut-sebut memiliki kecepatan yang luar biasa, bahkan lebih cepat dari perangkat Android manapun.

Performa Mesin IPhone X

Dilansir dari DetikInet, prosesor A11 Bionic yang digunakan oleh iPhone X ini memang memiliki skor yang sangat tinggi saat di-benchmark. Bahkan, jika melihat pada chipset yang digunakan oleh generasi terdahulu iPhone yakni iPhone 7 Plus yang notabene merupakan single core pun sudah lebih kencang jika dibandingkan semua ponsel Android yang ada saat ini.

Bahkan untuk pertama kalinya, ponsel buatan Apple yang dibekali dengan chip buatan Apple sendiri memiliki skor benchmark yang nilainya lebih tinggi pada tes multi core, hal ini jauh lebih kencang jika dibandingkan dengan Snapdragon 835 dan Exynos 8895 Octa yang notabene dipakai oleh Galaxy Note 8, Galaxy S8 dan OnePlus 5 yang merupakan beberapa seri paling canggih dari perangkat Android. Apple A11 Bionic ini sendiri memang merupakan prosesor yang memiliki enam inti yang dua di antaranya punya clock speed tinggi dan empat inti sisanya memiliki konsumsi daya yang efisien.

Di sisi lain, jika melihat RAM yang dibawa oleh perangkat terbaru iPhone yang hanya 3 GB mungkin banyak yang menilainya terlalu kecil. Hal tersebut memang benar jika perangkat tersebut adalah perangkat Android yang memang saat ini berlomba-lomba dengan RAM sebesar mungkin. Namun hal yang berbeda pada perangkat pabrikan Apple ini, dengan kapasitas RAM tersebut dianggap sudah lebih dari cukup untuk dapat menghasilkan kinerja yang cepat.

Hal tersebut kembali lagi tidak terlepas dari prosesor ataupun chipset yang digunakannya yang memang lebih cepat bahkan dari perangkat Android yang paling canggih sekalipun. Hal tersebut dapat kita buktikan pada iPhone 7 Plus yang masih membawa RAM 2 GB namun performanya sangatlah responsif.

Top