iPhone 8 Pakai Chipset Misterius?

Komponen iPhone 8 – Peluncuran perangkat baru milik Apple memang cukup menarik perhatian para pecinta gadget. Dari tiga perangkat yang diluncurkan bersamaan, iPhone 8 menjadi perangkat dengan spesifikasi yang paling rendah diantara lainnya. Meskipun demikian, sebagai preangkat yang berstatus flagship dari Apple, iPhone 8 ini tetap menarik untuk diulik.

Komponen IPhone 8

Tak terkecuali salah satu ahli bongkar gadget bernama iFixit yang mencoba membongkar iPhone 8 untuk mengetahui detail dari komponen yang dibawanya. Yang menarik, iFixit menemukan sebuah komponen chip misterius di assembly bagian layar. Dikatakan misterius bukan tanpa alasan, mengingat iFixit yang merupakan ahli bongkar gadget pun tidak mengetahui fungsi dari chip tersebut.

Selain itu, pembongkaran yang dilakukan iFixit ini juga mengungkap sebuah fakta menarik lainnya seperti mengenai panel kaca di bagian belakang iPhone 8. Di mana, diketahui bahwa panel kaca yang tersemat pada bagian belakang iPhone 8 ini sangat sulit dipebaiki jika mengalami kerusakan. Oleh karena itu, pengguna sebaiknya berhati-hati agar tidak membuatnya retak yang akan merugikan penggunanya sendiri.

Tak hanya itu saja, dari pembongkaran tersebut iFixit juga menemukan sebuah baterai yang tersemat di dalamnya. Di mana baterai tersebut memiliki kapasitas yang lebih kecil dibandingkan dengan generasi terdahulu iPhone 7. iPhone 8 ini memiliki baterai berkapasitas 1.821 mAh dengan total daya 6,96 Wh, sementara baterai iPhone 7 punya daya 1.960 mAh dengan total daya 7,45 Wh.

Namun, meskipun kapasitas baterai yang dibawanya memang lebih kecil Apple menjamin jika iPhone 8 memiliki ketahanan yang sama kuat dnegan iPhone 7. Hal ini dikarenakan iPhone 8 telah menggunakan iOS 11 dan chipset A11 Bionic yang dapat mengoptimalkan penggunaan baterai di dalamnya.

Yang cukup menarik dari pembongkaran yang dilakukannya, iFixit memberikan skor 6 dari 10 untuk iPhone 8 dari segi perbaikan. Dalam artian jika nilai semakin tinggi maka perangkat akan semakin mudah diperbaiki. Dengan demikian menurut iFixit iPhone 8 ini memang tidak terlalu mudah untuk diperbaiki. Jika melihat pada perangkat iPhone 7 yang juga sempat dibongkar oleh iFixit, perangkat tersebut juga mendapatkan skor di bawah 7.

Top