Huawei Optimis Prosesor Barunya Lebih Unggul dari Apple dan Samsung

Kirin 970 Bisa Kalahkan Prosesor Apple dan Samsung – Prosesor buatan Apple, Mediatek, Qualcomm, dan Samsung memang selama ini sudah cukup dikenal di industri smartphone. Namun, tampaknya Huawei pun ingin mengikuti kesuksesan perusahaan-perusahaan tersebut dengan membuat chip mobile sendiri yang diketahui bernama Kirin. Pada ajang IFA di Berlin yang dilaksanakan belum lama ini, Huawei resmi memperkenalkan anggota terbaru dari seri prosesor buatannya, Kirin 970.

Kirin 970 Bisa Kalahkan Prosesor Apple Dan Samsung

Kirin 970 bisa dikatakan sangat istimewa. Pasalnya, prosesor terbaru buatan Huawei tersebut telah diberi dukungan platform kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) yang disebut-sebut akan menjadi fitur unggulan di smartphone masa depan.

Chief Executive bisnis konsumer Huawei, Richard Yu mengatakan jika dukungan AI yang disematkan pada chip Kirin 970 buatannya itu memungkinkan ponsel bisa dipakai lebih personal oleh pengguna. Tak hanya itu, chip ini diklaim sanggup melakukan berbagai tugas rumit seperti menerjemahkan bahasa secara real time.

Kirin 970 juga dikabarkan memiliki kinerja tinggi dan hemat daya sehingga Yu merasa optimis jika seri chip terbaru bikinan Huawei ini nantinya bisa mengalahkan hardware sekelasnya yang dibuat oleh perusahaan lain.

Yu mengatakan jika chip Kirin 970 memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan Apple dan Samsung. Dengan chip terbaru Huawei ini, pengguna bisa menikmati kinerja yang lebih kencang, baterai yang mampu bertahan lebih lama, hingga desain ponsel yang lebih simpel dan ringkas.

Chip Kirin 970 akan dibekali dengan GPU 8 core dan GPU 12 core. Huawei membuat chip yang diberi nama dengan “Neural Processing Unit” melalui proses fabrikasi 10 nanometer. Produksi chip terbaru Huawei tersebut dilakukan di pabrik manufaktur milik TSMC.

Huawei saat ini menjadi pabrikan smartphone terbesar ketiga di dunia, menyusul Samsung dan Apple yang masing-masing menempati posisi pertama dan kedua. Mengingat kedua pabrikan tersebut memiliki deretan produk-produk yang cukup sukses di pasaran dengan bekalan chip buatan mereka sendiri, maka Huawei tampaknya ingin mengikuti jejak keduanya dengan meluncurkan generasi chip terbaru yang lebih baik. Dengan begitu, chip Kirin 970 ini diharapkan bisa mendongkrak posisi Huawei.

Top