Google Akuisisi HTC Senilai Rp 14,6 triliun

Google Akuisisi HTC – Setelah sempat diberitakan diberbagai media online, Google akhirnya resmi mengakuisisi HTC dengan nilai sebesar USD 1,1 miliar atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 14,6 triliun. Hal tersebut membuat HTC kini telah resmi menjadi salah satu perusahaan smartphone milik Google selain Pixel. Namun demikian akuisisi yang dilakukan Google ini hanya dilakukan terhadap sebagian bisnis HTC yang fokus pada perangkat seperti ponsel dan virtual reality (VR).

Google Akuisisi HTC

Dengan akuisisi ini, Google berhak atas sejumlah tim dari HTC. Di mana, sebagian besar orang-orang pada tim tersebut merupakan orang-orang yang dipercaya dalam pengembangan ponsel Pixel besutan Google. Termasuk sejumlah lisensi non-eksklusif kepunyaan HTC. Selain itu, langkah tersebut banyak disebut sebagai upaya raksasa internet tersebut untuk dapat mewujudkan ambisinya dalam menggeluti bisni ponsel dan VR. “Kesepakatan ini merupakan langkah cemerlang berikutnya dalam kemitraan jangka panjang kami, yang memungkinkan Google untuk menggeber bisnis perangkat keras mereka sambil memastikan inovasi lanjutan di ponsel HTC dan bisnis virtual reality VIVE kami,” ujar Cher Wang, CEO HTC yang Begawei lansir dari detikinet.

Di sisi lain, akuisisi Google terhadap HTC ini pun disebut-sebut akan membantu Google dalam mewujudkan inovasi atas perangkat-perangkat Made of Google ke depannya. Di mana, perangkat-perangkat yang dimaksud dalam hal ini adalah ponsel Pixel, Google Home, Headset VR DayDream, dan Chromecast. “Itu alasan kami menandatangani kesepakatan dengan HTC, yang akan memberi lebih banyak inovasi produk di tahun-tahun mendatang,” ucap Google Senior Vice President Hardware Rick Osterloh.

Sementara itu, meskipun telah resmi dibeli Google, HTC disebut-sebut masih akan tetap meluncurkan perangkat-perangkat miliknya. Bahkan menurut kabar yang beredar dalam waktu dekat pabrikan asal Taiwan tersebut sedang mempersiapkan perangkat flagship. “Kesepakatan ini juga mendukung strategi smartphone bermerek HTC yang terus berlanjut, memungkinkan portofolio produk yang lebih ramping, efisiensi operasional, dan fleksibilitas finansial yang lebih baik. HTC akan terus memiliki bakat teknik terbaik di kelasnya, yang saat ini sedang mengerjakan ponsel flagship berikutnya, menyusul peluncuran HTC U11 yang sukses awal tahun ini,” ungkap HTC.

Top