Kecanggihan Fitur MIUI 9 Terbaru

Fitur MIUI 9 Terbaru – Pada tanggal 26 Juli 2017 yang lalu di Beijing, China, Xiaomi meluncurkan Sistem UI terbarunya MIUI 9. Beberapa fitur MIUI 9 terbaru ini pun cukup menarik untuk diulik karena disebut-sebut membawa berbagai pembaruan dari versi sebelumnya. Dirilis bersamaan dengan peluncuran Mi 5X,  kehadiran sistem antarmuka terbarunya yang berbasis di Android 7.0 Nougat ini menjadi salah satu hal yang telah cukup lama dinanti. Mengusung slogan “Lighting Fast”, kehadiran MIUI 9 ini sangat ditunggu-tunggu para penggemar Xiaomi di seluruh dunia. Fitur MIUI 9 Xiaomi terbaru ini memiliki tampilan yang sedikit berbeda dari versi asli Android 7.0, namun sang vendor tetap berusaha menjaga tampilan asli dari Android 7.0 Nougat. MIUI 9 ini kabarnya akan menawarkan peningkatan performa dan user experience yang baik dalam hal stabilitas dan juga penghematan baterai. Lantas apa saja fitur MIUI 9 terbaru tersebut?

Fitur Miui 9

Dari beberapa fitur baru yang diusungnya, terdapat tiga fitur MIUI 9 terbaru yang sangat mencolok meskipun bukanlah satu-satunya fitur baru yang ada di MIUI 9, yaitu Image Search, Smart Assistant dan Smart App Launcher. Beberapa fitur tersebut memang hanya berupa pembaruan dari fitur yang sudah ada pada MIUI 8. Namun beberapa diantaranya juga ada fitur yang benar-benar baru dan belum pernah ada sebelumnya pada MIUI 8. Tentu saja fitur MIUI 9 global tersebut ditujukan untuk lebih memudahkan pengguna dalam mengoperasikan perangkat Xiaomi miliknya. Nah, apa saja sih fitur-fitur yang dibawa MIUI 9 ini, yuk kita simak selengkapnya ulasan yang Begawei sampaikan mengenai fitur MIUI 9 terbaru di bawah ini.

Fitur Miui 9 Terbaru

Fitur MIUI 9 Terbaru

Image Search

Salah satu fitur MIUI 9 terbaru ini yaitu fitur pencarian foto atau gambar. Fitur ini dapat memfilter foto sesuai dengan keyword yang dimasukkan dalam kolom pencarian. Semisal kamu mencari kata “selfie” maka ponsel pintar tersebut akan mengambil foto dari galeri yang diambil menggunakan kamera depan. Tidak hanya itu, jika kita memasukkan keyword “book” maka smartphone akan menampilkan gambar buku-buku. Bahan dapat juga mencari foto menurut lokasi, ekspresi, acara, dokumen, dan foto screenshoot. Cukup mudah bukan untuk mencari berbagai foto? Seperti kita ketahui, fitur yang satu ini sangat mirip dengan Google Photos yang mampu mencari gambar dengan berbagai keywords yang dimasukkan.

Smart Assistant

Fitur Smart Assistant milik Xiaomi ini merupakan fitur MIUI 9 Xiaomi terbaru yang mendukung perintah text. Kawan-kawan dapat menuliskan perintah text yang diinginkan dan kawan-kawan akan mendapatkan semua yang kawan-kawan inginkan yang ada di smartphone, salah satunya jadwal, catatan, foto, dan lain sebagainya. Sayangnya, meskipun fitur ini mirip seperti Google Assistant dan Sirri, akan tetapi fitur milik Xiaomi ini belum mampu menandingi kedua fitur tersebut, bahkan belum bisa disebut setara. Untuk itu fitur ini diperlukan pengembangan lebih lanjut.

Smart App Launcher

Fitur MIUI 9 terbaru yang mencolok lainnya yaitu adanya fitur Smart App Launcher yang akan memudahkan kawan-kawan Begawei untuk membuka aplikasi tertentu sesuai dengan konten yang ada di layar. Dalam hal ini misalnya, kawan-kawan sedang membaca atau membuka tentang penyimpanan, maka ponsel akan merekomendasian aplikasi yang sesuai di bagian bawah layar, yaitu Google Drive atau aplikasi lainnya.

Fitur Miui 9 Xiaomi

System Optimization

Fitur MIUI 9 terbaru yang cukup menarik lainnya adalah System Optimization. Fitur ini merupakan fitur yang mampu membuat kinerja, hardware dan software smartphone Xiaomi menjadi optimal. Di mana, pada fitur ini terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan pengguna diantaranya pembersihan otomatis, optimisasi akselerasi CPU, cache management, optimasi thread scheduling, dan sebagainya membuat perangkat Xiaomi semakin ringan dan cepat.

Lightning Fast System

Fitur MIUI 9 Redmi yang juga tergolong cukup menarik adalah lightning system. Dari namanya, dapat kita tebak jika fitur ini merupakan fitur yang akan menunjang pencahayaan pada tampilan visual perangkat Xiaomi. Sayangnya, hingga saat ini masih belum ada informasi lebih lengkap mengenai penjelasan dari fitur tersebut.

Dynamic Resource Allocation

Fitur ini merupakan fitur yang berfungsi untuk memprioritaskan aplikasi yang sedang berjalan. Semisal kawan-kawan sedang menjalankan banyak aplikasi, maka dengan menggunakan fitur MIUI 9 terbaru yang satu ini, sistem akan memprioritaskan aplikasi yang teman-teman pakai tersebut sehingga dapat berjalan lancar dan responsif. Apalagi dengan adanya Quicker launch-times yang dapat mempercepat smartphone dalam membuka aplikasi.

Fitur Miui 9 Xiaomi Terbaru

Split Screen Multitasking

Fitur ini memudahkan pengguna Xiaomi untuk dapat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Untuk dapat menjalankan fitur ini kawan-kawan Begawei hanya perlu menekan tombol “Recent”, kemudian tekan tombol “Split Screen Mode” di sebelah kanan atas layar, maka kawan-kawan dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus. Fitur ini sempat bocor ke publik karena fitur MIUI 9 terbaru ini sebenarnya sudah menjadi bawaan Android 7.0 Nougat. Meskipun demikian, vendor asal Tiongkok ini tetap membekali MIUI 9 nya dengan fitur ini.

Home Screen Customization

Fitur ini mengubah tampilan Home Screen terkait visual dan fungsionalnya. MIUI 9 ini mampu mendesain ulang mode pengeditan dan fungsi pengaturan ikon dioptimalkan untuk memberikan pengeditan yang lebih baik. Menu bagian bawah pun dikurangi menjadi tiga saja yaitu wallpaper, widget, dan pengaturan Home Screen. Selain itu, pengguna juga dapat memindahkan aplikasi secara bersamaan. Tak hanya itu, fitur MIUI 9 Xiaomi yang satu ini juga mampu menguninstall aplikasi atau membuat folder aplikasi tersebut dan previewnya akan ditampilkan pada bagian bawah layar sehingga pengaturannya lebih mudah. Jika kawan-kawan Begawei tidak ingin memindahkan aplikasi pada layar tersebut, maka teman-teman dapat menggunakan opsi mengunci layar yang ada di panel pengaturan (setting). Jika ingin mengganti Launcher default kembali, maka teman-teman dapat mengetuk opsi “Lainnya”. Cukup canggih bukan ? Terbukti Home Screen MIUI 9 ini jauh lebih user-friendly.

Filter Notification and Quick Reply

Fitur MIUI 9 terbaru lain yang cukup menarik adalah filter notification and quick reply, fitur ini mampu menyaring beberapa notifikasi yang tidak penting dan mengganggu sehingga akan mempelajari secara otomatis perilaku pengguna dan akan menentukan tingkat prioritas notifiksi yang diterima. Cara kerja fitur ini yaitu mengelompokkan pemberitahuan yang tidak penting dalam satu pemberitahuan dan kemudian dinonaktifkan. Untuk fitur quick reply sendiri, bertugas untuk membalas pesan langsung dari notifikasi tanpa harus masuk ke aplikasi atau pun membuka kunci layar untuk membalasnya. Caranya kawan-kawan Begawei dapat menggunakan dua jari untuk menarik opsi “Mengirim Balasan” pada panel.

Fitur Miui 9 Terbaru Redmi

Lock Screen Shortcut

Lock dcreen shortcui merupakan fitur MIUI 9 terbaru yang memudahkan pengguna untuk menemukan halaman baru yang menunjukkan semua perangkat yang terhubung dengan Xiaomi, seperti Mi Home dan Mi Remote. Cukup scroll dari kiri ke kanan pada lock screen, maka kawan-kawan dapat menemukan halaman baru tersebut. Sekilas lock screen MIUI 9 ini terlihat mirip dengan MIUI versi sebelumnya, namun ternyata versi terbaru ini berbeda. Pada fitur ini dibekali pula dengan ikon senter yang dapat digunakan ketika kawan-kawan membutuhkannya.

Security App Enhancements

Aplikasi keamanan ini juga turut disematkan dalam MIUI 9 dan merupakan salah satu fitur MIUI 9 global terbaru yang lebih baik dari versi sebelumnya. Dengan adanya aplikasi ini, kawan-kawan akan mendapatkan lebih banyak fitur seperti Second Space, App Lock, Deep Clean, Boost Speed, Dual Apps, dan sebagainya. Perubahan terbaik dari aplikasi ini ada di sub menu “Kelola Aplikasi” dimana kawan-kawan dapat melihat semua aplikasi yang terpasang pada Xiaomi yang dimiliki. Dengan tata letak yang mudah dibaca, aplikasi ini mampu menampilkan informasi penting pada halaman depan sehingga memungkinkan kamu untuk melihatnya secara sekilas.

Massage

Perpesanan memang sekarang jarang digunakan oleh pengguna karena banyaknya aplikasi gratis yang dapat didownload untuk menggantikan perpesanan seperti BBM, Line, WA , dan lain-lain sehingga perpesanan hanya digunakan sekali ketika proses pengubahan password seperti untuk verifikasi telephone, email, dan akun penting lainnya. Untuk itu, MIUI 9 ini didesain untuk mengubah tampilan antar muka perpesanan dengan adanya Notification Grup. Fitur MIUI 9 terbaru ini akan mengidentifikasi dan mengelompokkan kode verifikasi untuk SMS serta notifikasi iklan dari provider yang mengganggu.

Fitur Miui 9 Global

Silent Mode dan Sleeping Mode

Fitur Silent Mode ini memudahkan penggunanya untuk mengaktifkan “Mode Senyap” bersamaan dengan menekan tombol volume. Dari “Mode Senyap” tersebut, pengguna dapat beralih ke tombol “Jangan Mengganggu” dengan hanya satu klik. Jika kawan-kawan mengklik “Mode Senyap” maka semua panggilan akan disenyapkan tetapi notifikasi tetap muncul dengan bergetar. Kawan-kawan dapat mengatur sendiri kapan “Mode Senyap” maupun “Jangan Mengganggu” ini aktif. Sedangkan untuk fitur Sleeping Mode berfungsi untuk meningkatkan daya tahan baterai. Fitur MIUI 9 terbaru ini dapat digunakan dengan cara mengelola uptime aplikasi dan menghentikan aplikasi yang sedang tidak digunakan. Dengan demikian maka baterai dapat lebih tahan lama dan kinerja RAM akan lebih cepat. Selain itu, jika smartphone tidak terpakai dalam jangka waktu yang lama, sistem akan masuk ke mode hibernasi sehingga penghematan baterai lebih optimal.

One Tap Login

Fitur MIUI 9 Xiaomi terbaru ini akan mengarahkan pengguna baru untuk mendaftar atau membuat Akun Mi atau Mi Account secara gratis. Caranya sangat mudah, dengan sekali ketuk tanpa menggunakan kata sandi dan username, pengguna dapat langsung memiliki Mi Account.

Control and Gesture

Control dan Gesture merupakan fitur MIUI 9 yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai shortcut dengan menggunakan tombol dan isyarat dari MIUI. Untuk mengambil tangkapan layar, cukup menggunakan tiga jari yang digesek kebawah. Untuk mengaktifkan pencarian tinggal gesek ketas, dan untuk memasuki layar pada mode edit dapat menggunakan dua jari dengan cara mencubit masuk.

Instant App

Nah, fitur MIUI 9 terbaru yang terakhir adalah instant app. Fitur ini merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi seketika yaitu dengan cara tanpa penginstalan. Aplikasi ini kabarnya akan dikembangkan lebih lanjut dengan dukungan aplikasi pihak ketiga.

Itulah berbagai fitur MIUI 9 terbaru. Canggih bukan? Pada waktu perilisannya, fitur tersebut baru tersedia di China ROM sehingga fitur-fitur ini hanya tersedia dalam bahasa China dan belum dapat dinikmati secara global. Untuk MIUI 9 versi globalnya, saat ini sudah dapat dinikmati karena biasanya setelah beberapa bulan rilis, versi globalnya sudah tersedia. Sehingga untuk kawan-kawan pengguna Xiaomi yang ada di Indonesia jika sudah melakukan pembaruan UI maka beberapa fitur MIUI 9 Xiaomi terbaru di atas sudah dapat dinikmati.

Di sisi lain, meskipun kawan-kawan pengguna smartphone Xiaomi, namun kawan belum tentu bisa menikmati fitur MIUI 9 terbaru tersebut. Pasalnya, sistem antarmuka terbaru dari Xiaomi tersebut hanya didukung oleh beberapa perangkat Xiaomi saja. Sehingga praktis, jika kawan-kawan menggunakan perangkat Xiaomi yang tidak mendapat dukungan sistem antarmuka tersebut tentu tidak dapat menikmatinya. Beberapa perangkat Xiaomi yang dapat menikmati MIUI 9 ini diantaranya adalah Xiaomi Mi 6,Xiaomi Mi 5c, Xiaomi Mi 5, Xiaomi Mi 4S, Xiaomi Mi 4C, Xiaomi Mi 4, Xiaomi Mi 2, Xiaomi Mi 2, Xiaomi Mi MIX, Xiaomi Mi Max 2, Xiaomi Mi Max, Xiaomi Mi Note 2, Xiaomi Mi Note Pro, Xiaomi Mi Note, Xiaomi Mi Pad 3, Xiaomi Mi Pad 2, dan Xiaomi Mi Pad. Demikian ulasan mengenai kecanggihan fitur MIUI 9 terbaru yang dapat Begawei berikan. Baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Cara Backup dan Restore Data Xiaomi dan Cara Mengetahui Versi Android.

Top