Facebook Grup Dominasi 6 Besar Sosial Media

Kedigdayaan Facebook – Facebook sebagai salah satu raksasa teknologi dunia memang tidak bisa dipungkiri lagi kebesarannya. Perusahaan milik Mark Zuckerberg ini bahkan telah mengakuisisi beberapa platform sosial media yang kemudian sukses dikembangkannya menjadi sosial media yang disukai banyak orang. Sebut saja WhatsApp dan Instagram yang saat ini menjadi salah satu platform wajib dari setiap pengguna smartphone di dunia.

Kedigdayaan Facebook

Nah, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi bernama We Are Social mengungkap beberapa platform dari Facebook berhasil merajai sosial media di dunia. Dari data tersebut terungkap jika Facebook menempati peringkat teratas sisal media dengan pengguna terbanyak. Di mana Facebook bersama Youtube menjadi nomor satu dengan pengguna aktif bulanan mencapai lebih dari 1.2 miliar akun per bulan Agustus.

Tak cukup sampai disitu saja, gurita Facebook juga menempati urutan teratas lainnya. Di mana  WhatsApp dan Facebook Messenger menempati posisi ketiga dari urutan tersebut. Tidak berbeda jauh dengan Facebook sebagai induknya, kedua platform ini juga digunakan rata-rata 1,2 miliar orang di bulan Agustus. Sementara itu, Instagram yang menjadi salah satu platform terbaru milik Facebook menempati urutan ke enam di bawah layanan pesan instan asal China yakni Wechat dengan rata-rata pengguna bulanan 700 juta orang.

Hal ini tentu membuat Facebook semakin kuat dan merajai bisnis sosial media di dunia. Dari data tersebut, praktis hanya ada tiga platform yang mampu mengalahkan beberapa “anak” dari Facebook. Ketiga platform tersebut adalah Youtube yang saat ini menjadi sebuah platform berbagi video nomor satu di dunia serta WeChat dan QQ yang jago kandang di negara asalnya China.

Lantas, bagaimana dengan beberapa platform sosial media lainnya seperti Twitter, BBM atau bahkan Snapchat? Dari data yang dikeluarkan organisasi We Are Social sendiri menyebutkan jika Twitter yang pada awal kepopulerannya sempat disebut akan menjadi pengganti Facebook, saat ini hanya mampu menempati urutan sembilan dengan pengguna hanya sebanyak 320 juta. Sementara itu, BBM justru lebih miris lagi dengan pengguna hanya 63 juta. Pengguna BBM yang sempat booming tersebut bahkan tidak lebih banyak dari Kakaotalk dan Telegram.

Top