Apa Fungsi Dual OIS Pada Galaxy Note 8?

Galaxy Note 8 Dibekali Dual OIS – Samsung memang bisa dibilang sangat totalitas dalam merancang fitur untuk kamera Galaxy Note 8. Ini bisa dilihat dari digunakannya optical image stabilizer (OIS) pada kamera ganda smartphone tersebut.

Galaxy Note 8 Dibekali Dual Ois

Fitur OIS sendiri umumnya digunakan di kamera DSLR atau mirrorless yang berfungsi untuk mengurangi guncangan yang membuat gambar menjadi buram atau kabur.

Namun untuk perangkat baru Samsung ini, fitur OIS ditambah satu lagi dan dibekalkan pada kedua kamera Galaxy Note 8. Lantas, apa sih sebenarnya fungsi dari fitur ini?

Pemerhati gadget, Lucky Sebastian dan vlogger Ario Pratomo dalam sebuah sesi diskusi menyebutkan sejumlah kelebihan dari fitur dual OIS yang ada pada Galaxy Note 8 tersebut.

Lucky menjelaskan bahwa fungsi fitur dual OIS pada Galaxy Note 8 tak berbeda dengan OIS yang terdapat di kamera pada umumnya, yaitu untuk mengurangi getaran agar foto maupun video yang dihasilkan oleh kamera tetap terlihat stabil.

OIS bisa dikatakan sebagai fitur yang cukup sulit disematkan pada kamera smartphone. Hal ini karena vendor smartphone harus membuat sistem motor dan kecepatan geraknya terlebih dahulu sehingga bisa menetralkan guncangan. Dengan begitu jika tangan bergoyang ke kanan saat sedang memotret maka OIS bisa langsung meresponsnya sehingga motor akan bergerak ke kiri secara otomatis untuk membuatnya tetap stabil.

Galaxy Note 8 menggunakan dua OIS karena kameranya mempunyai dua lensa, yaitu wide 26 milimeter dan telephoto 56 milimeter.

Sementara itu, vlogger Ario Pramono menjelaskan bahwa OIS yang ada pada kamera Galaxu Note sangat membantunya dalam membuat vlog dan video pendek seban dirinya bisa merekam video hanya dengan genggaman tangan.

Kemudahan merekam video yang ditawarkan oleh OIS bisa dirasakan saat melakukan zoom-in dan zoom-out karena kamera tidak akan mudah bergoyang. Orang biasanya akan menggunakan bantuan pemberat supaya hasilnya lebih stabil, namun kehadiran Galaxy Note dengan kamera yang dilengkapi dengan fitur dual OIS ini memungkinkan penggunanya untuk bisa merekam video yang berkualitas bagus dan stabil hanya dengan handheld.

Top