Android Oreo Bakal Mendarat di Semua Lini Android Nokia

Semua Android Nokia Bakal Kebagian Android Oreo – Google sudah resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya, Android 8.0 “Oreo” pada akhir bulan Agustus lalu. Sistem operasi paling anyar buatan Google tersebut dipastikan akan tersemat di berbagai smartphone baru, tak terkecuali lini Android buatan Nokia.

Semua Android Nokia Bakal Kebagian Android Oreo

Yang menarik adalah HMD Global selaku pemegang merek Nokia yang bermarkas di Finlandia mengungkapkan jika semua smartphone Android Nokia akan dibekali dengan Android Oreo, tak terkecuali model entry levelnya Nokia 3.

Hal ini pun turut dibenarkan oleh Chief Product Officer HMD Global, Juho Sarvikas melalui akun Twitter pribadinya. Di akun miliknya, Sarvikas berkicau bahwa semua smartphone Nokia akan diupgrade ke Oreo termasuk Nokia 3. Namun untuk jadwal upgrade tersebut dirinya belum bisa memastikan.

Sarvikas mengatakan jika Nokia 3 yang sebelumnya mengandalkan chipset Mediatek langsung akan mencicipi Oreo setelah beberapa waktu yang lalu sempat tertunda updatenya ke Android 7.1.1. Sementara itu, semua smartphone Nokia selain Nokia 3 memang menggunakan chipset Snapdragon sebagai otak pemrosesannya.

Ponsel-ponsel Nokia juga diketahui menggunakan Android versi stock tanpa berbagai macam tambahan kustomisasi sehingga bagi Nokia mudah saja untuk mengupgrade produk-produknya sehingga bisa menjalankan sistem operasi terbaru dari Google itu.

Perlu diketahui bahwa Android Oreo sudah resmi dirilis pada tanggal 21 Agustus yang lalu yakni bertepatan dengan momen terjadinya gerhana matahari di Amerika Serikat. Tak heran jika sebelumnya OS Android yang satu ini sering dikaitkan dengan gerhana matahari. Untuk tahap awal, sistem Android terbaru buatan Google ini hanya bisa dijalankan oleh smartphone Pixel dan Nexus yang mendukung program Android Beta.

Mendaratnya Android Oreo yang kabarnya akan menyentuh seluruh lini Android Nokia ini tentu akan membuat pengguna bisa mencicipi performa tangguhnya tanpa dibatasi dengan jenis perangkatnya.

Selain Nokia, terdapat sejumlah pabrikan lain yang juga menjanjikan untuk bisa mengupdate sistem operasi smartphone ke Android Oreo. Di antara perangkat-perangkat yang akan mendapatkan update OS terbaru Google tersebut antara lain, Essential, Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, OnePlus, Samsung, Sharp, serta Sony.

Top