Akankah Sony Xperia Mengusung Desain Bezel-Less ?

Sony Xperia Bakal Mengusung Layar Bezel-Less? – Seperti kita ketahui, brand-brand smartphone ternama saat ini sedang ramai-ramai mengeluarkan produk unggulannya dengan mengusung desain bezel-less. Samsung lebih dulu mengusung desain ini dengan mengeluarkan produk andalannya Samsung Galaxy S8.

Sony Edge 1

Disusul kemudian Samsung Galaxy Note 8, iPhone X, LG G6, dan Xiaomi dengan Mi MIX 2. Sementara, jika kita melihat brand Sony, sejauh ini brand ternama tersebut belum mengusung satu pun produknya yang menggunakan layar bezel-less. Saat ini Sony masih setia mengusung desain khas miliknya yang bernama OmniBalance, yang memiliki bezel tebal di atas dan di bawah.

Akan tetapi tampaknya akan ada kabar gembira bagi sobat Begawei pecinta Sony Xperia  sekaligus penyuka layar bezel karena sebentar lagi Sony akan turut serta meramaikan pasar smartphone dengan mengusung desain bezel-les pula. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Managing Director Sony India yang menyatakan bahwa ponsel Xperia generasi berikutnya akan meluncurkan desain yang benar-benar baru.

Jika di ajang MWC 2017 lalu Sony telah memperkenalkan Xperia XZ Premium dengan desain layar hampir bezel-less, akan tetapi pada gelaran IFA 2017 di Berlin, Jerman,  yang diselenggarakan pada tanggal 1-6 September 2017 lalu, produsen elektronik asal Jepang tersebut digadang-gadang akan memperkenalkan smartphone buatannya dengan tepian layar yang sangat tipis. Tapi nampaknya itu hanyalah isu belaka karena pada gelaran tersebut Sony hanya memperkenalkan Xperia XZ1 dan XZ1 Compact dengan layar khasnya.

Memang, saat ini tak bisa ditampik bahwa arah pasar smartphone flagship  telah bergeser ke display 18 : 9 yang memungkinkan smartphone memiliki bezel super tipis di seluruh sisinya dan mau tak mau harus diikuti oleh vendor asal Jepang tersebut. Dari kabar yang beredar, Sony memang akan segera menampilkan desain bezel-less ini dan akan mengabaikan segmen low-end dan mid-range untuk mengejar ambisi di kelas premium bersaing dengan para pesaingnya yang lebih dulu menggunakan desain ini.

Kabar baru dari Weibo menyebutkan bahwa awal bulan ini JDI memulai produksi massal Full Active Display dimana JDI tersebut merupakan konsolidasi bisnis panel layar Sony, Hitachi, dan Toshiba yang telah mengumumkan akan membawa layar bezel-less racikannya di smartphone.

Kabar tersebut dibarengi dengan diperkenalkannya Xperia Edge dengan desain bezel-less yang kabarnya akan rilis pada Oktober mendatang, sehingga kabar ini dapat menjadi kabar baik bagi sobat Begawei.

 

Top