Xiaomi Salip Apple di Pasar Smartwatch

Xiaomi Jadi Nomor Satu di Pasar Wearable Device – Apple sebelumnya memang pernah menjadi penguasa di pasar wearable device (smartwatch) global tepatnya pada tahun 2016 lalu. Pada waktu itu, Apple berhasil menguasai setidaknya 50 persen dari pasar tersebut. Namun seiring dengan banyaknya perangkat wearable yang diproduksi oleh vendor-vendor lain, hal itu tampaknya sedikit demi sedikit mulai berubah keadaan di pasar.

Xiaomi Jadi Nomor Satu Di Pasar Wearable Device

Posisi Apple Apple di pasar tersebut kini sudah berhasil dilampaui oleh Xiaomi yang sukses mencatatkan pengapalan produk wearable device sebanyak 3,7 unit pada kuartal kedua 2017 berdasarkan firma riset pasar Strategy Analytics.

Dengan hasil itu, kini Xiaomi menyandang status sebagai produsen wearable device terbesar di dunia dengan kepemilikan pasar sebesar 17,1 persen.

Posisi Xiaomi ini justru disusul oleh Fitbit yang menempati posisi kedua dengan jumlah pengapalan sebanyak 3,4 juta unit dan market share sebesar 15,7 unit. Sedangkan, Apple tampaknya harus puas menempati posisi ketiga karena hanya mampu mencatatkan jumlah shipment sebanyak 2,8 juta unit dan kepemilikan pasar sebesar 13 persen.

Jika dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun sebelumnya, jumlah pengapalan wearable device milik Xiaomi mengalami peningkatan sebanyak 700 ribu unit. Sementara itu, peningkatan jumlah shipment Apple justru lebih banyak karena jumlahnya sudah berada di angka 1 juta unit.

Berdasarkan riset yang ada angka pengapalan untuk perangkat wearable milik Fitbit justru mengalami penurunan yang cukup signifikan karena jumlahnya mencapai 1,7 juta unit.

Apabila dilihat dari kategori dan segmentasi produk, Apple memang memiliki perbedaan jika dibandingkan dua produsen wearable device lain yang menempati posisi tiga besar. Untuk pasar wearable device, Apple selama ini selalu mengandalkan arloji smartwatch yang banderol harga jualnya lebih mahal dibandingkan dengan produk-produk gelang pintar yang menjadi andalan rivalnya, baik itu Xiaomi maupun Fitbit.

Jika dilihat dari perkembangan penjualan wearable device secara keseluruhan, pasar perangkat wearable ini mengalami pertumbuhan global yang besarnya 8 persen year-on-year pada kuartal kedua di tahun 2017. Pada periode yang sama , jumlah total angka pengapalan di pasar wearable device juga sanggup menyentuh angka 21, 6 juta unit.

Top