Wow..!! Intel Punya SSD Seperti Penggaris

Intel Perkenalkan SSD Berbentuk Penggaris – Media penyimpanan harddisk maupun solid state drive (SSD) yang digunakan di dalam komputer pada umumnya memiliki bentuk standar dengan ukuran yang sesuai ruang bay, berkisar dari 2,5 inci hingga 3,5 inci. Namun hal ini tampaknya tidak berlaku untuk SSD baru yang belum lama ini diperkenalkan oleh Intel. Pasalnya, SSD tersebut hadir dalam bentuk yang berbeda dengan SSD kebanyakan.

Intel Perkenalkan Ssd Berbentuk Penggaris

SSD anyar Intel tersebut mempunyai form factor memanjang sehingga terlihat seperti penggaris, namun bedanya perangkat penyimpanan yang satu ini sedikit lebih tebal. Karena kemiripan bentuknya dengan penggaris, maka SSD ini pada akhirnya diberi nama Ruler.

Langkah Intel dalam membuat SSD dengan bentuk yang berbeda ini bukannya tanpa alasan. Bentuk yang serupa dengan penggaris itu disinyalir malah lebih mampu meningkatkan kapasitas penyimpanan karena menghemat ruang fisiknya. Selain itu, bentuk SSD yang memanjang ini membuatnya mengonsumsi daya lebih sedikit dibandingkan dengan SSD konvensional yang selama ini digunakan.

Bentuk ramping dan memanjang tersebut juga memungkinkan SSD penggaris baru Intel ini bisa dengan mudah dipasang pada rak-rak komputer server yang sering dipakai di lingkungan enterprise.

Dengan melakukan perubahan pada bentuknya, kapasitas penyimpanan bisa ditingkatkan hingga 1 petabyte atau 1.000 gigabyte per server 1U. Intel juga mengatakan jika kapasitas SSD barunya itu mampu dipakai untuk menampung 300 buah film HD.

Kendati demikian, SSD penggaris ini belum tersedia dalam bentuk produk jadi sebab Intel saat ini masih memperkenalkan perangkat tersebut dalam bentuk “teaser” saja. Spesifikasi lain tentang perangkat yang bersangkutan, baik itu dimensi fisik dan jenis konektor yang digunakannya untuk saat ini juga masih belum diketahui sehingga harus menunggu pengumuman langsung dari pihak Intel yang kemungkinan akan dikeluarkan di lain waktu.

SSD Optane dan 3D NAND SSD yang merupakan produk buatan Intel pun menurut rencana akan dibuat ke dalam bentuk penggaris seperti perangkat baru yang ada di teaser tersebut. Namun jadwal perilisan resmi di pasaran untuk perangkat itu pun juga belum bisa dipastikan.

Top