Vendor China Bakal Rebut Posisi Apple?

Huawei Diprediksi Mampu Menyalip Apple – Pasar smartphone global saat ini memang sedang dikuasai oleh Samsung dan Apple yang notabene merupakan dua pabrikan terbesar. Sedangkan vendor asal China, Huawei harus puas menempati posisi ketiga. Hasil ini bisa dilihat pada laporan kuartal II 2017 dari firma riset pasar IDC.

Huawei Diprediksi Mampu Menyalip Apple

Untuk ke depannya, urutan posisi ini diperkirakan masih bisa berubah karena penjualan ponsel pintar  Huawei saat ini justru mengalami peningkatan, khususnya seri P, M, serta model-model seri Honor yang banderolnya di pasaran relatif lebih murah.

Di negara asalnya, pengapalan smartphone Huawei meningkat sebesar 22,6 persen secara year-on-year pada kuartal II di tahun 2017. Sementara itu, di kawasan lain pengapalan smartphone Huawei juga mengalami kenaikan yang signifikan dari tahun sebelumnya, misalnya saja di Asia Tenggara, Jepang, dan Korea (45 persen year-on-year) serta Eropa (18 persen).

Hal ini justru berbanding terbalik dengan pengapalan smartphone Apple, iPhone yang justru malah menunjukkan penurunan. Pengapalan smartphone Huawei dan Apple pada kuartal II 2017 perbedaannya hanya 2,5 juta unit saja. iPhone terkirim sebanyak 41 juta unit, sedangkan smartphone Huawei mampu menyentuh angka 38,5 unit.

Jika tren ke depannya tetap sama, maka posisi Apple sebagai pabrikan smartphone kedua terbesar di dunia diprediksi akan mampu direbut oleh Huawei pada kuartal III di tahun 2017 ini.

Prediksi dari sumber industri juga menyebutkan jika Huawei akan meningkatkan pengapalan produk smartphone miliknya hingga 41 juta unit pada kuartal III 2017.

Sementara itu, jika melihat kondisi yang ada di pasar, konsumen yang menjadi calon pembeli iPhone akan menahan diri sebab memang sedang menantikan kehadiran iPhone berikutnya di tiga bulan terakhir 2017. Hal ini tentu akan membuat pengapalan ponsel pintar Apple nantinya mengalami penurunan.

Kita sepertinya hanya tinggal menunggu waktu saja untuk melihat bagaimana Huawei merebut posisi kedua yang saat ini sedang ditempati oleh Apple. Meskipun nanti Huawei berhasil menyalip Apple, namun posisi tersebut tetap bisa berbalik lagi terutama jika iPhone generasi terbaru sukses dalam mencatatkan jumlah penjualan di pasaran.

Top