Pengertian SSD dan Perbedaan dengan HDD

Pengertian SSD dan Perbedaan SSD dengan HDD – Harddisk atau yang lebih populer dengan sebutan HDD memang sejauh ini menjadi media penyimpanan standar untuk laptop atau PC. Namun, kini sudah ada perangkat penyimpanan baru bernama SSD yang mampu menggantikan fungsi HDD. Lalu, apa sih sebenarnya pengertian SSD dan perbedaan SSD dengan HDD? Seiring dengan hadirnya berbagai inovasi dalam bidang teknologi, media penyimpanan pun juga ikut berkembang. SSD merupakan media penyimpanan baru hasil pengembangan HDD yang kini sedang ramai di perbincangkan orang. SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive. Meskipun media penyimpanan ini memiliki fungsi yang sama dengan HDD namun secara konstruksi pengertian SSD dan perbedaan SSD dengan HDD memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dengan hadirnya media penyimpanan baru ini, biasanya kawan-kawan akan ditawari opsi untuk menggunakan harddisk biasa (HDD) atau SSD ketika tengah membeli laptop atau ultrabook versi terbaru. Nah, jika kawan-kawan belum mengetahui seperti apa fungsi dari media penyimpanan ini, maka sebaiknya mencari dulu informasi tentang pengertian SSD dan perbedaan SSD dengan HDD agar bisa memilih media penyimpanan yang tepat.

Pengertian SSD Dan Perbedaan SSD Dengan HDD

Sebenarnya, secara fungsi SSD memang hampir sama dengan HDD namun karena media penyimpanan ini merupakan pengembangan dari HDD tentu ada sejumlah hal yang membedakan keduanya. Dengan mengetahui pengertian SSD dan perbedaan SSD dengan HDD, maka kawan Begawei akan mengetahui bahwa data yang ditampung di dalam SSD tidak akan disimpan pada lapisan-lapisan magnetik seperti yang biasanya dilakukan pada harddisk. Untuk urusan penyimpanan, SSD akan menampung semua data ke chip-chip memori flash yang memang saling berhubungan satu sama lain. Jangan membayangkan flash memori yang ada pada SSD ini sama dengan yang disematkan pada flash disk karena pengertian SSD dan perbedaan SSD dengan HDD ini tergolong cukup banyak mulai dari pengertian SSD dan perbedaan dengan HDD. Pasalnya, chip flash memori yang ada pada SSD memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan chip flash yang digunakan oleh flashdisk. Tak heran jika meskipun kedua perangkat penyimpanan tersebut memiliki kapasitas yang sama, namun harga SSD dibanderol jauh lebih mahal. Sebenarnya, seberapa jauh sih perbedaan teknologi media penyimpanan baru ini dengan harddisk biasa? Nah, kali ini Begawei akan berbagi informasi tentang pengertian SSD dan perbedaan SSD dengan HDD. Yuk, langsung simak informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Pengertian SSD

Pengertian SSD

Untuk lebih mengetahui seperti apa fungsi dari SSD, berikut ini Begawei berikan pengertian SSD serta berbagai komponen yang ada di dalamnya:

Pengertian SSD (Solid State Drive atau Solid State Disk) yang populer dengan sebutan SSD ini merupakan media penyimpanan data baru yang memakai serangkaian IC sebagai memori yang fungsinya untuk menampung data maupun informasi. SSD bisa diibaratkan sebagai versi lebih canggih dari USB flash drive karena perangkat penyimpanan yang satu ini memiliki kapasitas yang lebih besar sehingga bisa dipakai sebagai pengganti harddisk yang ada pada laptop maupun PC. Secara fungsi, pengertian SSD mirip dengan HDD, namun kontruksinya cenderung serupa dengan USB flash drive yang memiliki memori dari rangkaian IC. SSD juga mirip dengan USB flash karena tidak memiliki komponen bergerak di dalamnya sehingga data dan informasi pada SSD akan disimpan dalam microchips. Jika HDD memiliki lengan mekanik untuk menulis dan membaca data pada piringan magnetik, maka Pengertian SSD bergerak secara elektrik untuk mengumpulkan dan menyimpan informasi. Oleh sebab itu, itu yang berbeda kinerja SSD ini pun memang lebih cepat daripada HDD. SSD memiliki komponen dengan prinsip dasar seperti USB flash karena memakai flash memori berbasis NAND. Memori SSD yang berjenis non-volatile ini mampu menyimpan daya meskipun tegangan suplai dalam keadaan mati. Itulah sedikit pengertian SSD dan perbedaan SSD dengan HDD yang mungkin bisa memberikan sedikit gambaran pada kawan-kawan tentang seperti apa bentuk dan kinerja dari media penyimpanan baru ini. Banyak yang sebelumnya beranggapan jika data atau informasi yang disimpan di dalam SSD bisa bertahan lama, namun penggunaan teknologi baru dalam media penyimpanan rupanya mampu membuat data bisa tidak akan lenyap dalam waktu yang sangat lama. Setelah mengetahui pengertian SSD, berikutnya kita intip yuk apa sih perbedaan SSD dengan HDD!

Perbedaan SSD Dan HDD

Perbedaan SSD dengan HDD

Berikut ini beberapa perbedaan SSD dan HDD:

Ukuran dan berat

Perbedaan SSD dan HDD yang pertama adalah ukuran dan beratnya, komponen dan material yang digunakan berimbas pada ukuran dari kedua jenis media penyimpanan data tersebut. Putaran piring yang ada pada HDD sangat berpengaruh dengan ukuran HDD ketika diproduksi. Sedangkan SSD yang tidak tergantung pada putaran piring, ukurannya bisa dipangkas. Ukuran SSD yang saat ini banyak dipakai pada laptop adalah 2.5 inci. Namun dengan semakin banyaknya pengguna netbook dan PC tablet, maka ukuran SSD bisa disesuaikan dengan perangkat tersebut agar lebih mudah digunakan.

Komponen dan cara kerja

Pengertian SSD dan perbedaan dengan HDD juga bisa dilihat dari komponen dan cara kerja masing-masing perangkat penyimpanan tersebut. Di mana Perbedaan SSD dan HDD, terletak pada cara kerjanya HDD bekerja mengolah data dengan memanfaatkan sinergi antara aktivitas mekanik dan elektrik ketika piringan berputar dan lengan mekanik yang menempel pada piringan tersebut menulis dan membaca data. Sedangkan SSD yang hanya mengandalkan Integrated Circuit atau IC dan tidak memiliki komponen mekanis seperti lengan dan piringan melakukan pembacaan dan penulisan data secara elektrik.

Kecepatan dalam membaca dan menulis data

Salah satu perbedaan SSD dan HDD cukup signifikan terletak pada kecepatan baca tulisnya. Tidak bergantungnya kinerja SSD pada putaran piring mampu membuat kecepatan baca tulisnya 8 kali lebih cepat dari HDD. SSD pun bisa melewati proses booting hanya dalam beberapa detik. Sementara itu, proses booting HDD lebih lama tergantung dari spesifikasinya.

Efek samping

Efek samping juga menjadi perbedaan SSD dan HDD. Di mana HDD yang mengandalkan unsur mekanik biasanya menghasilkan efek samping berupa panas dan konsumsi daya listrik tinggi serta suara bising akibat putaran piring. Sedangkan pengertian SSD dan perbedaan dengan HDD dalam hal efek samping menghasilkan panas yang tidak terlalu tinggi, konsumsi daya kecil serta terbebas dari suara bising.

Fragmentasi

Perbedaan SSD dan HDD juga terletak pada fragmentasi, HDD yang memiliki bentuk spiral akan menyimpan file-file jumbo berdekatan namun file-file tersebut akan berpencar ketika kapasitasnya mulai penuh atau biasa disebut dengan fragmentasi. Akibatnya, kinerja HDD pun akan menurun. Sementara itu, SSD yang mengandalkan penyimpanan pada chip flash tidak memiliki efek samping seperti ini.

Harga

Selain beberapa hal yang berbeda perbedaan SSD dan HDD yang juga cukup mencolok adalah pada harganya. Di mana, untuk urusan harga SSD memang dibanderol lebih tinggi, bahkan harga SSD bisa mencapai 9 kali lipat dari HDD.

Perbedaan SSD dengan HDD
Komponen SSD HDD
(Solid State Drive) (Hard Disk Drive)
Daya 2 – 3 watt 6 – 7 watt
Harga Masih Mahal Masih lebih murah
Kapasitas Notebook: kurang dari 1TB Notebook: 500GB – 2 TB
Desktop: Max 1TB Desktop: 6 TB
Waktu booting 10 – 13 detik 30 – 40 detik
Noise (kebisingan) Tidak memiliki komponen yang bergerak sehingga tidak menghasilkan suara bising Terdapat komponen bergerak sehingga menghasilkan suara bising
Getaran Tidak ada getaran Ada getaran
Panas Tidak ada menghasilkan panas Menghasilkan panas
Failure Rate 2.0 juta jam 1,5 juta jam
Kecepatan baca / tulis Umumnya 200 MB/s, bahkan 550 MB/s untuk SSD yang tercanggih. Antara 50 – 120 MB/s
Enkripsi (kode sandi) FDE (Full Disk Encryption) FDE (Full Disk Encryption)
Kecepatan buka file 30% lebih cepat dari HDD Lebih lambat
Imbas Gaya Magnet SSD aman terhadap imbas gaya magnet Gaya magnet dapat menghapus data.

Di atas merupakan beberapa poin utama yang bisa dipakai untuk menjelaskan pengertian SSD dan perbedaan SSD dengan HDD. Meskipun memiliki fungsi yang sama, namun penggunaan komponen penyimpanan yang berbeda pada kedua perangkat tersebut ternyata mampu membedakan kemampuan kinerja serta harganya. Tak heran jika SSD yang memakai teknologi baru lebih mumpuni dan dibanderol dengan harga yang mahal.

Perbedaan SSD Dengan HDD

Nah, apa kini kawan-kawan sudah paham betul tentang pengertian SSD dan perbedaan SSD dengan HDD? Tentu dengan melihat kembali paparan yang telah Begawei sajikan di atas, kawan-kawan bisa memutuskan apakah akan memakai HDD atau SSD seusai dengan kebutuhan penyimpanan yang kawan Begawei inginkan sebab masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan. Sekian dulu ya artikel dari Begawei tentang pengertian SSD dan perbedaan SSD dengan HDD. Semoga bisa bermanfaat baca juga mengenai Kamera HP vs Kamera DSLR dan Cara Cek RAM Laptop.

Top