Pengertian dan Cara Menggunakan USB OTG

Pengertian dan Cara Menggunakan USB OTG – Adakalanya kita ingin melakukan transfer data dari penyimpanan eksternal ke perangkat Android yang digunakan, sehingga penting bagi kita untuk mengetahui pengertian dan cara menggunakan USB OTG. Dengan bantuan USB OTG ini, kawan-kawan bisa bebas melakukan transfer data secara langsung dari flash disk tanpa harus menggunakan batuan PC/laptop terlebih dahulu. Tak heran jika meskipun tidak mengetahui pengertian dan cara menggunakan USB OTG namun banyak pengguna smartphone yang mengandalkan jenis USB yang satu ini agar lebih mudah dan hemat waktu dalam melakukan pemindahan data. Kemudahan dalam urusan transfer data merupakan keunggulan utama yang ditawarkan oleh USB OTG sebab hanya dengan menancapkan USB OTG ke perangkat Android yang digunakan, maka pengguna perangkat tersebut bisa menemukan file yang dicari dalam waktu yang singkat. Lantas apa itu pengertian dan cara menggunakan USB OTG?

Pengertian USB OTG Dan Cara Menggunakan USB OTG

Meskipun USB OTG akan membantu memudahkan aktivitas transfer data, namun tak semua perangkat Android mendukung penggunaan jenis USB yang satu ini. Sehingga selain mengetahui tentang pengertian dan cara menggunakan USB OTG, sebaiknya kawan-kawan juga mencari informasi tentang seperti apakah ciri-ciri perangkat yang mendukung USB OTG. Cara untuk mengetahui apakah sebuah perangkat Android sudah support penggunaan USB OTG adalah dengan melihat informasi spesifikasi yang ada di box perangkat tersebut. Selain itu, kawan Begawei juga bisa cek langsung pada situs resmi pabrikannya. Mengetahui smartphone Anda support USB OTG ini sangat penting agar pengertian dan cara menggunakan USB OTG ini dapat diterapkan pada smartphone Anda. Perangkat Android yang sudah support USB OTG biasanya akan memiliki logo USB OTG pada box wadahnya. Namun, jika kawan-kawan masih kurang puas dan ingin mendapatkan jawaban yang lebih valid, maka melakukan pengecekan dengan sebuah aplikasi bernama USB OTG Checker yang bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Nah, bagi kawan-kawan yang masih asing dengan istilah USB OTG dan apa saja dan bagaimana cara memakainya, pada kesempatan kali ini Begawei akan berbagi sedikit informasi tentang pengertian USB OTG dan cara menggunakan USB OTG, simak yuk!

Pengertian USB OTG

Pengertian USB OTG

Pengertian USB OTG

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara penggunaannya, alangkah lebih baik jika kawan Begawei mengetahui terlebih dahulu pengertian USB OTG dan fungsinya:

USB On-The-Go atau yang lebih populer dengan sebutan USB OTG merupakan salah satu spesifikasi USB 2.0 yang membuat perangkat bisa dipakai untuk membaca data dari koneksi USB tanpa melalui bantuan PC. Pengertian USB OTG juga bisa dikatakan sebagai standardisasi untuk koneksi USB sebab sebagian besar smartphone Android terbaru saat ini memang sudah dilengkapi dengan fitur USB OTG. Fungsi USB OTG adalah sebagai master atau host terhadap perangkat lain yang terhubung dengannya, baik itu flashdisk, kamera digital, printer, keyboard maupun mouse sehingga desainnya memang terlihat berbeda dengan kabel USB biasa. Dengan begitu, USB OTG bisa mengendalikan perangkat lain yang terkoneksi dengannya. Smartphone secara otomatis akan tahu apa yang seharusnya dilakukan jika flashdisk, kamera digital, maupun perangkat lain terhubung dengannya.

Selain menghubungkan perangkat Android dengan memori eksternal untuk urusan data, kabel USB OTG juga bisa mendukung beberapa aktivitas yang lain seperti memainkan game Android dengan joystick, mengendalikan smartphone atau tablet Android dengan keyboard dan mouse, mencetak foto langsung ke printer, hingga menggunakannya sebagai controller untuk kamera DSLR.

Itulah sedikit informasi tentang pengertian USB OTG yang akan memberikan gambaran tentang apa sih sebenarnya USB OTG dan manfaatnya ketika alat yang satu ini dikoneksikan ke perangkat Android. Hal ini akan tentu akan sangat bermanfaat bagi mereka yang masih awam dengan jenis USB satu ini dan belum pernah memakai sebelumnya. Nah, untuk melengkapi informasi di atas, Begawei akan menjelaskan tentang cara menggunakan USB OTG.

Cara Menggunakan USB OTG

Cara Menggunakan USB OTG

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menggunakan USB OTG pada perangkat berbasis Android:

  1. Sebelum melakukan koneksi, dalam cara menggunakan USB OTG ini sebaiknya kawan-kawan memastikan terlebih dahulu apakah perangkat yang digunakan sudah support fitur USB OTG. Kawan Begawei bisa menanyakan ke teman yang memakai perangkat sama atau melihat keterangan pada box perangkat tersebut.
  2. Lalu, belilah kabel USB OTG yang sesuai dengan perangkat yang dipakai. Harga kabel USB OTG sendiri bervariasi tergantung pada tempat di mana membelinya. Agar kabel USB UTG pas dengan perangkat pastikan tipe colokan dan port yang ada di perangkat. Untuk lebih amannya, sebaiknya kawan-kawan membawa langsung perangkat tersebut saat membeli kabel USB OTG.
  3. Pengertian dan cara menggunakan USB OTG yang selanjutnya adalah dengan menghubungkan flashdisk ke perangkat Android melalui kabel USB OTG tersebut. Caranya, kawan-kawan hanya perlu mencolokkan flashdisk ke salah satu ujung kabel dan mencolokkan ujung kabel yang lainnya ke perangkat Android.
  4. Gunakan aplikasi file manager yang biasanya sudah terinstall pada perangkat Android jika ingin membuka, copy paste, atau mengedit file yang ada di flashdisk. Lokasi folder USB flashdisk bisa berbeda tergantung pada jenis dan merek perangkatnya sendiri. Lokasinya bisa di mnt/USBdisk1, Storage/USBdisk1, atau external/USBdisk1.
  5. Setelah proses edit file selesai, jangan mencabut flashdisk secara langsung karena hal ini bisa menimbulkan kerusakan pada media penyimpanan eksternal tersebut. Untuk mencabutnya, masuklah ke menu setting, lalu pilih Storage dan klik pada opsi Unmount External Storage. Tunggu hingga proses dari cara menggunakan USB OTG ini selesai dan cabutlah flashdisk tersebut.

Di atas merupakan salah satu contoh pengertian dan cara menggunakan USB OTG untuk menghubungkannya dengan media penyimpanan internal seperti flashdisk. Dengan bantuan kabel USB OTG maka berbagai aktivitas seperti membuka file, menyalin file, maupun mengedit file bisa dilakukan secara langsung dari perangkat Android dengan mudah tanpa menggunakan bantuan PC.

Pengertian USB OTG Dan Cara Menggunakan USB OTG Di HP

Bagaimana? Apa sekarang kawan-kawan sudah paham tentang pengertian dan cara menggunakan USB OTG? Tentu dengan informasi yang telah Begawei paparkan di atas, kawan Begawei akan semakin mengerti tentang seperti apa kabel USB OTG dan bagaimana cara yang benar untuk menggunakannya. Demikianlah artikel singkat dari Begawei terkait dengan pengertian dan cara menggunakan USB OTG pada kesempatan kali ini. Jangan lupa baca juga mengenai Cara Mengetahui Versi Android dan Cara Mirror Android ke PC Via Wifi.

Top