Pengertian dan Cara Menggunakan NFC dengan Benar

Pengertian NFC dan Cara Menggunakan NFC – Tampaknya, buat teman-teman yang sering melakukan aktivitas transfer antar perangkat elektronik, sedikit banyak perlu tahu pengertian NFC dan cara menggunakan NFC. Mungkin, bagi sebagian kawan-kawan masih asing dengan NFC. Padahal, NFC merupakan salah satu fitur atau teknologi yang sudah lama hadir pada perangkat pintar atau smartphone. Bahkan, aplikasi NFC ini juga sering ditampilkan di berbagai iklan, hanya saja saat ini masih cukup banyak pengguna yang belum mengetahui pengertian NFC dan cara menggunakan NFC tersebut secara maksimal yang berfungsi sebagai alat atau media untuk berbagi data maupun file sharing, seperti transfer foto, video, musik maupun aplikasi Android. Tentu, aplikasi yang bernama NFC ini akan sangat membantu bagi teman-teman mengingat fitur ini memungkinkan smartphone bisa tersambung dengan mudah pada perangkat lain yang kompatibel dengan NFC. Maka dari itu, bagi kawan-kawan yang masih asing dengan aplikasi ini, Begawei akan menjelaskan secara rinci mengenai pengertian NFC dan cara menggunakan NFC.

Pengertian NFC Dan Cara Menggunakan NFC

Berkaitan dengan pokok pembahasan mengenai pengertian  NFC dan cara menggunakan NFC, bisa dikatakan bahwa secara garis besar, NFC sendiri merupakan teknologi pengembangan dari Bluetooth dan juga RFID. Di mana pada fitur NFC ini terdapat sebuah teknologi yang biasa kita gunakan untuk menunjang aktivitas komunikasi antar perangkat menggunakan Bluetooth dalam proses penyambungan maupun RFID sebagai media gelombang penghubung antar perangkat NFC. Intinya, fitur ini memiliki fungsi yang sama dengan Bluetooth hanya saja lebih kaya akan ragam fitur dan kelebihan dibandingkan menggunakan Bluetooth. Sehingga, karena memiliki kelebihan dibanding Bluetooth maka tak salah jika kawan-kawan mengetahui pengertian dan cara menggunakan NFC sebagai media dalam menunjang aktivitas komunikasi data antar perangkat secara lebih sederhana dibandingkan dengan Bluetooth yang membutuhkan otentikasi atau penyamaan koneksi. Nah, untuk lebih jelasnya, simak saja yuk ulasan lengkap yang akan Begawei bahas dalam kesempatan kali ini tentang pengertian NFC dan cara menggunakan NFC yang tersaji pada bagan-bagan di bawah ini!

Pengertian NFC

Pengertian NFC

Pengertian NFC

Pertama-tama, pada pokok pembahasan mengenai pengertian dan cara menggunakan NFC, tentunya kita harus mengenal lebih dalam terkait dengan pengertian NFC itu sendiri. Nah, terkait dengan pengertian dari NFC tersebut, perlu untuk kawan-kawan ketahui bahwa NFC merupakan kepanjangan dari Near Field Communication. Di mana, fitur ini adalah salah satu teknologi modern yang berkenaan dengan perpindahan data dengan basis RFID (Radio Frequency Identification). Kinerjanya berjalan dengan menggunakan konektivitas tanpa kabel sehingga dipastikan bakal membuat komunikasi lebih mudah dan cepat mengingat sistem kerjanya dilakukan melalui perpindahan data antar perangkat elektronik dalam jarak dekat dengan memanfaatkan perantaraan induksi medan magnet yang terdapat dalam perangkat elektronik tersebut. Dengan kata lain, pengertian NFC sendiri bisa juga diartikan sebagai sebuah teknologi yang akan membuat smartphone bisa terkoneksi dengan smartphone lainnya melalui jaringan radio. Umumnya, pada perangkat pintar seperti smartphone, fitur ini sering dimanfaatkan sebagai media untuk bertukar data maupun file sharing, baik foto, video, maupun musik atau aplikasi.

Di sisi lain, masih berkaitan dengan pengertian NFC, pada beberapa merk ponsel pintar, ternyata disadari atau tidak, fitur modern ini bisa diketahui dari tanda yang terdapat pada bodinya. Contohnya saja, pada ponsel bermerk Sony yang memperlihatkan tanda huruf N yang terlihat di sektor belakang. Contoh lain, misalnya saja pada Samsung Galaxy Note 4, fitur NFC ini bisa diketahui atau dilihat pada baterainya yang ada tulisan Near Field Communication. Namun, apabila tak ada tanda yang terlihat, kawan-kawan bisa mengeceknya dengan mencarinya melalui menu Settings > Wireless & Networks > kemudian klik pilihan More. Nantinya, fitur ini bakal tampak pada ponsel yang kawan miliki.

Selain pengertian NFC, fungsi dari NFC jug patut untuk diketahui di mana NFC juga memiliki keunggulan lain yang terbilang cukup canggih. Salah satunya yaitu dengan menggunakan fitur ini maka pengguna dapat dengan mudah membuka berbagai macam bentuk komunikasi dan transaksi secara aman dan nyaman ketika dioperasikan oleh pengguna NFC. Dengan demikian maka sangat dimungkinkan bagi banyak orang melakukan kegiatan yang mereka inginkan hanya dengan cukup menyentuh serta menempatkan perangkat dekat dengan layanan yang nantinya akan digunakan untuk melakukan komunikasi data. Tak hanya itu saja, NFC pun bisa digunakan sebagai salah satu solusi guna melakukan pembayaran instan, pembelian tiket, pembelian barang, hingga menjadi salah satu dompet digital selain menggunakan kartu kredit. Nah, dari pengertian NFC dan fungsinya yang begitu kompleks tersebut, dipastikan akan banyak kawan-kawan yang semakin penasaran cara menggunakannya.

Cara Menggunakan NFC

Cara Menggunakan NFC

Setelah kita pahami pengertiannya, kini Begawei akan ulas bagaimana cara menggunakan NFC. Terkait dengan penggunaan fitur ini, tampaknya perlu untuk dilakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu pada setiap ponsel dan ponsel harus tidak dalam keadaan terkunci atau sleep mode. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, untuk menerapkan cara menggunakan NFC ini, kawan-kawan harus memastikan bahwa NFC sudah aktif pada ponsel yang kawan miliki maupun pada smartphone si penerima. Untuk mengaktifkannya, masuk pada menu Settings > Wireless & Networks > kemudian klik pilihan More. Nantinya, fitur ini bakal muncul pada ponsel yang kawan miliki dan centang.
  2. Jika diyakini sudah aktif maka pilihlah data atau file maupun aplikasi yang akan dikirim. Bisa berupa gambar, video, website, maps, dan lain-lainnya.
  3. Selanjutnya, dekatkan antara smartphone penerima dengan smartphone pengirim (jangan lebih dari 10 cm) sampai muncul tombol yang bertuliskan Touch Beam. Apabila sudah muncul maka sentuh file yang akan dikirim untuk melakukan pengiriman data atau file via NFC.
  4. Nah, sampai pada tahapan cara menggunakan NFC ini, sobat harus bersabar sampai proses transfer selesai. Nantinya, sat proses transfer, biasanya pada smartphone penerima akan muncul sebuah tampilan notifikasi jika file sudah diterima.

Melihat beberapa langkah terkait dengan cara menggunakan NFC di atas, sepertinya memang dirasa cukup mudah dan tak rumit. Bahkan, lebih cepat jika dibandingkan dengan transfer data via Bluetooth. Hanya saja, dalam menerapkan beberapa tahapan di atas, kawan-kawan harus selalu menjaga jarak antara smartphone pengirim dengan smartphone penerima dengan jarak tidak lebih dari 10 cm. Hal ini dilakukan agar proses transfer bisa lebih maksimal.

Cara Menggunakan NFC Di HP

Tampaknya, setelah kita tahu pengertian NFC dan cara menggunakan NFC di atas, tentu kawan-kawan akan mempertimbangkan untuk menggunakan langkah ini daripada Bluetooth. Pasalnya, dilihat dari fungsinya sendiri yang sama, fitur NFC ini dinilai lebih cepat dan aman. Sehingga, tak salah jika teman-teman semua menggunakan fitur ini sebagai media untuk mentransfer data. Cukup mudah bukan? Sampai di sini dulu perjumpaan kita ya kawan. Begawei berharap semoga informasi mengenai pengertian NFC dan cara menggunakan NFC di atas bisa teman-teman terapkan dengan mudah. Baca juga ulasan Begawei lainnya mengenai Koneksi Perangkat Android ke Laptop/PC dengan Kabel USB dan Cara Mengatasi Wifi Error di Windows 10.

Top