Penakluk WannaCry Ditangkap, Kenapa??

Penakluk WannaCry Ditangkap FBI – Beberapa waktu yang lalu dunia sempat dihebohkan dengan serangan besar-besaran virus yang menyerang komputer diberbagai belahan dunia. Virus yang menamakan dirinya sebaga Ransomware WannaCryprt ini kemudian berhasil dijinakan oleh seorang hacker asal Inggris bernama Marcus hutchins. Namun baru-baru ini beredar sebuah berita yang mengabarkan jika sang penakluk WannaCry tersebut justru baru saja ditangkap oleh biro intelejen USA yakni FBI. Lantas mengapa bisa hal tersebut terjadi?

Penakluk Wannacry Ditangkap Fbi

Dilansir dari inet.detik.com, FBI menyatakan jika Marcus telah terlibat dalam sebuah kriminalitas siber yang telah merugikan Amerika hingga miliaran dollar per tahun. “Kriminalitas siber telah merugikan perekonomian kita miliaran dolar per tahun. FBI akan terus bekerja sama dengan mitra kami, baik domestik maupun internasional, untuk membawa pelaku ke pengadilan,” demikian pernyataan agen khusus FBI, Justin Tolomeo yang terlibat dalam penangkapan Marcus.

Kabarnya Marcus ditangkap terkait dengan sebuah website bernama AlphaBay yang beroperasi layaknya eBay namun menjual barang-barang yang dilarang seperti narkoba dan malware yang dapat mencuri data keuangan. Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan FBI, website tersebut dipastikan mengangkut servernya yang berada di AS dan Eropa. Bahkan Direktur FBI Andrew McCabe mengatakan AlphaBay terhitung website sangat besar.

Selain itu, ada pula malware Kronos yang diduga ikut didalangi oleh Marcus dijual di Alphabay itu. Malware ini termasuk mahal dan canggih. “Cukup bagus dalam menghindari deteksi produk antivirus,” ucap pakar keamanan Ryan Kalember dari Proofpoint.

Marcus sendiri memang dikenal suka meneliti malware dan berkat hal tersebut pula dirinya berhasil untuk menaklukkan WannaCry yang cukup menghebohkan dunia. Namun demikian, terkait dengan penangkapannya tersebut beberapa pihak ada yang menduga FBI salah tangkap. “Mungkin saja FBI salah mengira aktivitas riset yang benar dianggap sebagai orang yang mengendalikan aktivitas Kronos. Banyak periset login ke tool-nya untuk meneliti atau sekadar bermain,” sebut Ryan.

Terkait dengan kemampuannya dalam menaklukkan WannaCry, Marcus memang cukup berjasa. Pasalnya, virus ransomware yang menghebohkan dunia dengan mengunci file-file di sebuah komputer untuk dapat mendapatkan tebusan tentu telah membuat beberapa orang diuntungkan.

Top