Koneksi Perangkat Android ke Laptop/PC dengan Kabel USB

Koneksi Perangkat Android ke Laptop/PC dengan Kabel USB – Mengkoneksikan laptop/PC dengan Android dapat menggunakan banyak cara salah satunya adalah koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB. Kabel USB ini tak hanya mendukung perangkat Android yang digunakan saja tetapi juga perangkat Android yang lain. Kabel USB umumnya memiliki dua ujung, yaitu microUSB atau USB Type-B Micro yang biasanya dicolokkan pada perangkat Android dan konektor standar-A USB yang biasanya dipakai sebagai charger atau bisa juga untuk membuat koneksi perangkat Android ke PC/laptop dengan kabel USB. Jenis kabel USB yang paling banyak beredar dan digunakan saat ini adalah versi 2.0. Apapun jenis perangkat Android yang digunakan asalkan memiliki soket berjenis microUSB, maka perangkat bisa disambungkan dengan berbagai tipe kabel USB yang juga memiliki salah satu ujung microUSB. Sebagai contohnya jika kita perlu mengirim file yang ada di laptop secepatnya namun tidak memiliki akses jaringan internet, maka kawan bisa melakukan tethering dengan perangkat Android yang digunakan. Salah satu caranya tentu dengan melakukan koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB.

Koneksi Perangkat Android Ke Laptop PC Dengan Kabel USB

Tak hanya mendukung proses tethering saja, kabel USB juga bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat Android serta menghubungkan perangkat Android dengan komputer. Dengan melakukan koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB maka kawan bisa mentransfer data dari perangkat Android ke laptop/PC begitu juga sebaliknya. Data yang bisa ditransfer melalui koneksi antara kedua perangkat tersebut pun bisa bermacam-macam jenisnya, mulai dari foto, lagu, video, serta file-file dokumen lainnya. Transfer data melalui USB pada Android ke PC/laptop dan sebaliknya pun disebut-sebut lebih cepat. Namun, ketika kawan-kawan sedang melakukan proses transfer data menggunakan koneksi perangkat Android ke komputer dengan kabel USB ini sangat penting untuk melakukan back up pada data-data penting yang kawan miliki sehingga data-data tersebut tetap aman dan tidak akan hilang jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan pada perangkat Android maupun hilangnya perangkat tersebut. Karena kabel USB ini sering dipakai untuk menyimpan data, maka kabel yang satu ini juga populer dengan sebutan kabel data. Salah satu keuntungan memakai kabel USB ini jika akan memindahkan data ke laptop/PC adalah perangkat Android akan ikut dicas dalam waktu bersamaan. Nah, karena melakukan koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB bisa berbeda cara sesuai dengan versi Androidnya, nah, untuk mengetahuinya lebih lengkap mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Koneksi Perangkat Android Ke Laptop Dengan Kabel USB

Koneksi Perangkat Android ke Laptop/PC dengan Kabel USB Pada Android Kitkat dan Setelahnya

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kawan melakukan atau membuat koneksi perangkat Android ke PC/laptop dengan kabel USB pada Android Kitkat dan setelahnya:

  1. Hal yang pertama dilakukan ketika akan membuat koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB pada Android Kitkat dan setelahnya tentu saja, hubungkan terlebih dahulu perangkat Android yang digunakan dengan laptop atau komputer menggunakan kabel USB atau kabel data.
  2. Setelah itu, ketika kawan menghubungkan kabel USB pada kedua perangkat, biasanya pada komputer atau PC akan muncul notifikasi koneksi USB. Bukalah notifikasi tersebut dengan cara menggeser layar ke bawah dan klik pada gambar USB.
  3. Sementara itu, perangkat Android secara default akan tersambung ke komputer dengan metode MTP (“connected as media device”) untuk melihat opsi koneksi USB yang lain, klik pada notifikasi tersebut dan akan muncul satu lagi opsi, yaitu Camera (PTP)
  4. Jika kawan memilih koneksi perangkat Android ke PC/laptop dengan kabel USB pada Android Kitkat dan setelahnya ini menggunakan metode MTP (Media Transfer Protocol), maka komputer hanya akan menganggap perangkat Android yang digunakan, baik itu smartphone maupun tablet sebagai media penyimpanan file. Sehingga perangkat Android pun secara otomatis akan terbaca di komputer sebagai tempat penyimpanan data atau file. Dengan metode ini, kawan bisa memindahkan, menyalin, atau mentransfer berbagai macam data dari perangkat Android ke laptop/PC dan begitu juga sebaliknya. Komputer yang memakai sistem operasi Apple Mac juga memiliki fitur koneksi ini namun fitur ini memiliki nama AFT (Android File Transfer). Jika kawan sudah menghubungkan perangkat Android ke komputer dengan metode MTP, maka smartphone atau tablet Android tersebut hanya akan terdeteksi sebagai sebuah folder yang disimbolkan dengan ikon handphone dan berisi dengan file-file yang bisa dibuka dengan komputer.
  5. Nah, jika kawan melakukan koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB pada Android Kitkat dan setelahnya tersebut menggunakan metode PTP (Pictures Transfer Protocol) maka komputer akan menganggap perangkat Android yang terhubung tersebut sebagai sebuah kamera. Sehingga transfer foto dari perangkat Android ke laptop/PC menggunakan software kamera. Pada komputer, jika kawan telah membuka Windows Explorer, perangkat Android akan terlihat seperti sebuah kamera sehingga data yang bisa ditransfer hanya data atau file yang memiliki kaitan dengan kamera saja seperti gambar atau video. Pilihan metode PTP ini biasanya akan digunakan untuk perangkat Android yang tidak mendukung transfer dengan metode MTP. Selain itu, koneksi dengan metode PTP merupakan koneksi standar untuk komputer dengan kamera digital.

Nah, itulah tahapan cara membuat koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB pada Android Kitkat dan setelahnya. Dari informasi di atas, dapat diketahui bahwa koneksi antara perangkat Android versi Kitkat dan setelahnya ke laptop/PC via kabel USB bisa dilakukan dengan dua metode, yaitu media device (MTP) dan Camera (PTP). Untuk mentransfer file-file umum yang berjenis dokumen sebaiknya gunakan metode media device (MTP) karena metode Camera (PTP) hanya mendukung file-file yang berhubungan dengan kamera saja seperti gambar dan video. Berikutnya, Begawei akan memberikan informasi mengenai cara membuat koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB pada Android Jelly Bean dan Sebelumnya.

Koneksi Perangkat Android Ke PC Dengan Kabel USB

Koneksi Perangkat Android ke laptop/PC dengan Kabel USB pada Android Jelly Bean dan Sebelumnya

Berikut ini adalah cara untuk membuat koneksi perangkat Android ke PC/laptop dengan kabel USB pada Android Jelly Bean dan sebelumnya:

  1. Sebelum memilih opsi koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB pada Android Jelly Bean dan sebelumnya, sambungkan terlebih dahulu perangkat Android ke komputer.
  2. Lalu, biasanya akan diikuti dengan munculnya notifikasi koneksi USB.
  3. Bukalah notifikasi tersebut dengan cara menggeser layar ke bawah atau ke atas atau bisa juga dengan klik ikon USB sesuai dengan letak notifikasi bar yang ada pada perangkat Android kawan. Klik notifikasi itu untuk mengetahui opsi koneksi USB yang ditawarkan perangkat Android.
  4. Pilihan koneksi perangkat Android ke PC/laptop dengan kabel USB pada Android Jelly Bean dan sebelumnya biasanya terdiri dari empat macam, yaitu USB Storage, Media Device (MTP), Camera (PTP), dan charge only.
  5. Jika kawan memilih metode USB Mass Storage (UMS), maka sistem operasi pada perangkat Android biasanya akan berhenti bekerja selama beberapa saat untuk mengijinkan komputer mengakses seluruh memori yang ada pada perangkat Android. Dengan begitu, aplikasi lain pun tidak bisa bekerja selama perangkat Android masih tersambung dengan komputer. Karena bisa mengakses seluruh isi perangkat Android, maka metode UMS ini mempunyai standard protocol yang sama seperti flashdrive atau external drive. Jika perangkat Android mendukung metode UMS dan kawan memilih metode ini untuk melakukan koneksi maka, kita biasanya diminta untuk klik perintah “Turn on USB Storage”, kemudian akan muncul notifikasi pada layar perangkat yang menunjukkan jika sejumlah aplikasi akan berhenti dan tidak tersedia sampai mematikan koneksi dengan metode UMS ini. Dengan metode UMS ini, perangkat Android akan terlihat seperti sebuah penyimpanan data tersendiri pada Windows Explorer. Drive: E untuk menampilkan memori SD card dan drive: H untuk menampilkan memori dari perangkat Android lain.
  6. Namun, jika kawan memilih opsi koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB pada Android Jelly Bean dan sebelumnya tersebut menggunakan metode Media Device (MTP), maka ketika kawan membuka Windows Explore yang ada di komputer akan terlihat folder dengan ikon bergambar ikon penyimpanan data biasa. Bentuk ikon media penyimpanan yang ditampilkan komputer jika melakukan koneksi dengan metode MTP akan berbeda dengan metode UMS.
  7. Seperti pada Android versi Kitkat dan setelahnya, koneksi perangkat Android versi Jelly Bean dan sebelumnya juga memiliki opsi Camera (PTP). Jika kawan memilih untuk melakukan koneksi dengan metode PTP, maka perangkat Android akan terlihat seperti sebuah folder dengan ikon camera yang di dalamnya berisi file-file yang hanya berkaitan dengan kamera saja seperti video dan foto.
  8. Yang membedakan koneksi perangkat Android ke Komputer dengan kabel USB pada Android Jelly Bean dan sebelumnya dengan versi Kitkat dan setelahnya adalah adanya opsi koneksi charger only. Jika kawan memilih opsi koneksi yang satu ini, maka komputer tidak akan mendeteksi perangkat Android tersebut dan hanya melakukan pengisian daya (charge) para perangkat Android yang terhubung dengan komputer.

Tahapan melakukan koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB pada Android Jelly Bean dan sebelumnya memang menawarkan pilihan yang lebih banyak ketimbang Kitkat dan setelahnya. Nah, jika kawan belum tahu versi Android yang ada pada perangkat langsung hubungkan saja perangkat tersebut dengan komputer via kabel USB. Untuk koneksi yang pertama kalinya, biasanya komputer akan terlebih dahulu menginstall driver untuk mendukung koneksi tersebut. Tunggu hingga proses instalasi driver selesai dan layar memunculkan notifikasi “device is ready to use”. Untuk koneksi perangkat Android ke PC/laptop dengan kabel USB pada Android versi Kitkat dan setelahnya biasanya perangkat Android akan langsung terdeteksi di Windows Explorer sesuai dengan namanya. Namun, jika perangkat memakai Android Jelly Bean ke bawah kawan akan diminta klik tulisan “Turn on USB Storage”. Sebelum mengklik perintah itu, tunggu sebentar hingga nama perangkat Android muncul di Windows Explorer.

Koneksi Perangkat Android Ke Komputer Dengan Kabel USB

Nah, ternyata menghubungkan perangkat Android ke komputer dengan memakai kabel USB bisa dilakukan dengan mudah, bukan? Meskipun pilihan koneksinya pada Android versi Kitkat ke atas dan Jelly Bean ke bawah sedikit berbeda, namun dengan mempraktikan langkah-langkah yang telah Begawei berikan di atas, tentu kawan tak akan lagi kesulitan untuk melakukan koneksi apapun versi Androidnya. Sampai di sini dulu ya informasi tentang koneksi perangkat Android ke laptop/PC dengan kabel USB yang bisa Begawei bagikan. Baca juga ulasan menarik lainnya mengenai  Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal dan Cara Mirror PC Windows dengan Wireless Display.

Top